Breaking News

Kadis Kesehatan Irwan Miswar Tanggapi Serius Kondisi Puskesdes Pulau Lintang yang Jadi Gudang Tenda

 


Mustapa, Kades Pulau Lintang di Depan Puskesdes Pulau Lintang yang Jadi Gudang Tenda

Sarolangun (JAMBI), Figurnews.com - Pusat kesehatan desa (Puskesdes) Desa Pulau Lintang Kecamatan Bathin VIII yang dibangun Pemkab Sarolangun tidak dapat difungsikan karena pisik bangunan yang sejatinya untuk melayani kesehatan masyarakat desa itu tidak layak dan hampir rubuh karena dimakan usia, saat ini Puskesdes tersebut dijadikan untuk menyimpan peralatan tenda desa (Gudang tenda). 

Dari penuturan Mustapa Kades Pulau Lintang, Puskesdes tersebut adalah aset pemerintah yang dibangun oleh Pemkab Sarolangun. 

"Puskesdes ini adalah aset Pemda, sudah lama tidak berfungsi karena tidak layak lagi, mau dibangun masyarakat desa tapi tidak boleh, sekarang jadi gudang tenda," kata Kades Mustapa didampingi perangkat Desa Pulau Lintang. 

Kades Mustapa menyebut saat ini pelayanan kesehatan masyarakat desa dan pelayanan kesehatan dan gizi bayi dilakukan di rumah pribadi Bidan Desa (Bides) Lusyana Angraini. 

"Karena kondisi bangunan Puskesdes tidak layak, pelayanan kesehatan masyarakat dilakukan di rumah pribadi Bides dan sering melayani kesehatan bayi di kantor desa," ucap Kades. 

Lanjut Kades Mustapa, Pihak desa sudah menyampaikan kondisi ini ke Pemkab Sarolangun dan sering diusulkan di Musrenbang untuk dibangun, namun sampai sekarang belum ada titik terang mau dibangun. 


Bides Lusyana Angraini mengakui bahwa pelayanan kesehatan masyarakat Desa Pulau Lintang 

sudah lima tahun dilakukan di rumah pribadinya, Ia berharap Puskesdes Pulau Lintang dibangun seperti Puskesdes lainnya. 

"Susah kalau ada kunjungan dari Dinas, terpaksa dibawa ke rumah pribadi kami, kesulitan juga  sangat terasa saat melayani warga yang melahirkan, kunjungan keluarga pasien tidak tertampung di rumah kami," kata Bides Lusyana.  

Senada dengan Kades Mustapa, Bides Lusyana berharap pemerintah dapat membangun Puskesdes Pulau Lintang. 

"kami harap pemerintah membangunnya, sayang alat kesehatan kita lengkap tapi tidak ada tempat di puskesdes, " harap Bides Lusyana. 


dr. Irwan Miswar, Kadis Kesehatan Sarolangun

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Sarolangun dr. Irwan Miswar saat dikomfirnasi media ini menanggapi serius, Kadis menyebut telah memasukkan bangunan Puskesdes Pulau Lintang dalam Puskesdes yang akan dibangun. 

"Kami sudah memasukkan Puskesdes Pulau lintang ke dalam daftar Puskesdes yang akan dibangun, nanti akan kita cek status tanah, apakah benar aset dinas kesehatan atau kepemilikan tanah milik siapa, karena bisa jadi masih aset kabupaten Sarko dulu (sebelum pemekaran)," kata Kadis Irwan Miswar, Jum'at (18/3). 

adis menyebut hal yang sama juga terjadi di desa dan kecamatan lain di Kabupaten Sarolangun, pelayanan kesehatan dilakukan di rumah pribadi Bides. 

"Memang sekarang banyak Puskesdes yang tidak termanfaatkan, seperti itu juga di Kecamatan CNG dan Batang Asai, dan banyak pelayanan kesehatan dilakukan di rumah Bides," terang Kadis Irwan Miswar. (AF)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre