Breaking News

Jadi Tradisi Tahunan Jelang Bulan Suci Ramadhan, Pasetra Muba Menutup pertunjukan Seni Jaranan


SUNGAI LILIN, MUBA, Figurnews.com - Sudah menjadi tradisi tahunan ,Paguyuban Seni Tradisional Musi Banyuasin (Pasetra Muba), menggelar pertunjukan  kesenian  Tradisional Jaranan sekaligus melakukan  penutupan selama  menjalankan ibadah puasa dibulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah.

Pertunjukan Jaranan  ini berlangsung di dusun 4 , tepatnya didesa Sumber Rezeki, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin, Selasa, (30/3/2022). 


Dari liputan awak media pertunjukan Jaranan ini, tampak terlihat  menampilkan beberapa grup jaranan seperti,  "Wahyu Turonggo Yakso "  dari desa Srigunung  berkolaborasi dengan  "Turonggo Budoyo " dari  desa  Mulyo Rejo serta  dari desa Sumber Rezeki sendiri yang tampil dalam pergelaran kesenian Tradisional  Jaranan yang digelar  .


" Ya, pertunjukan kesenian Tradisional Jaranan ini  kita selenggarakan  dalam rangka penutupan selama menjalankan Ibadah puasa bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah saja dan selama Bulan Puasa kami tidak melakukan pementasan kesenian, baik di dusun  maupun menerima 'tanggapan'. Ini sesuai dengan ketentuan sejak turun temurun, untuk menghormati Ramadhan, selama puasa hanya fokus kepada kegiatan keagamaan,"kata ketua harian Pasetra Muba , H Ahyarudin Pada awak media Figurnews.com disela acara berlangsung.

Menurutnya, Pasetra ini berdiri sejak tahun 2004 dan di legalkan oleh Dinas kesenian dan kebudayaan  pada tahun 2018 .

" Untuk sekarang ini sudah mencapai 50 Grup se- Kabupaten Muba  kesenian Tradisional yang sudah di SK kan," ungkapnya.


H Ahyarudin  juga berharap, agar ada uluran tangan dari pihak pemerintah Kabupaten Muba.Yang mana,  selama ini  Pasetra Muba berjalan dengan swadaya masing - masing.

" Semoga Paguyuban Seni Tradisional Musi Banyuasin (Pasetra Muba) tetap langgeng dan dapat mempersatukan bangsa melalui seni Kebudayaan Tradisional," harapnya.(Dr)

Editor posting : DARMANTO

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre