Breaking News

Inovasi PTSP Online Pengadilan Bangkinang akan Berikan Kemudahan Bagi Masyarakat


Bangkinang Kota, Figurnews.com - Banyak hal dalam layanan publik yang dibangun atau di ciptakan Pengadilan Negeri kelas II B Bangkinang untuk meningkatkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Hal ini dilakukan Pengadilan Negeri Bangkinang guna memudahkan masyarakat dalam menyelesaikan masalah persidangan. 

Demikian disampaikan Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto,SH,MH melalui Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Ambar Sutantini sat membuka Sosialisasi Ecourt Eltigasi, Gugatan Sedarhana, Pwrmohonan Konsinyasi, Aplikasi Eraterang (elektronik Surat keterangan) Aplikasi PTSP Online  Pengadipan Negeri Bangkinang yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kampar, jum'at (4/3/2022). 

Lebih lanjut Ambar juga menyampaikan, harapan kepada seluruh peserta baik dari Advokad, para Camat, para Kepala Desa dan para mahasiswa untuk dapat mengikuti sosialisasi dengan baik serta dapat pula mensosialisasikan nantinya kepada masyarakat luas terkait Inovasi PTSP Online PN Bangkinang serta hal lainnya. 

Saat ini, masyarakat banyak menilai apabila hadir dipengadilan akan menjadi yang rumor dan menjadi momok untuk terlibat dalam hal apapun yang harus diselesaikan sampai ketingkat pengadilan. Maka melalui sosialisasi ini juga hendaknya bisa sebagai menyambung lidah kepada masyarakat, agar masyarakat paham dan tidak takut lagi kepengadilan apabila ada kasus hukum."pinta Ambar". 

Hal senada juga disampaikan Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas II B I Dewa G Budhy DA,SH,MH, beliau menjelaskan, banyak hal kemudahan apalalagi ditengah pandemi Covid-19 yang bisa dilaksanakan masyarakat guna penyelsaikan masalah dalam persidangan apabila masyarakat paham dengan semua aturan dan inovasi dalam layanan publik yang dilakukan Pengadilan Bangkinang. 

Budhy yang juga selaku Narasumber pada kesempatan tersebut juga menejaskan, bahwa inovasi seperti  Persidangan secara Elektronik (e-Litigasi) merupakan Aplikasi mendukung dalam persidangan secara elektronik (online), sehingga dapat dilakukan pengiriman dokumen persidangan Replik, Duplik, Jawaban dan Kesimpulan secara elektronik. 

Dimana e-Litigasi sendiri akan memuat informasi putusan tanggal putusan, amar putusan, tanggal minutasi dan salinan putusan elektronik dapat diunduh melalui aplikasi ini. 

Kemudian Gugatan sederhana, yang merupakan gugatan perdata dengan nilai gugatan materiil paling banyak Rp 500 juta rupiah yang diselesaikan dengan tata cara dan pembuktian yang sederhana. 

Dalam gugatan sedehana mencakupi kriteria dimana masing-masing satu penggugat dan tergugat berada dalam daerah hukum yang sama dengan jenis perkara berupa ingkar janji ataupun perbuatan melawan hukum, kecuali untuk perkara yang telah dikecualikan, sengketa atas tanah dan/atau perkara yang masuk yurisdiksi pengadilan khusus dengan nilai gugatan materiil paling banyak Rp200 juta. 

Selanjutnya Permohonan Konsinyasi dimksud hal yang jarang terjadi, menarik untuk menderet persoalan konsinyasi secara umum di Pengadilan, pada Pengadilan Agama tidak ditemukan pedoman khusus yang membahas lengkap tentang konsinyasi, tetapi bukan berarti terus dibiarkan tanpa melakukan suatu regulasi penyelesaian masalah. 

Sementara Eraterang sendiri merupakan sebuah aplikasi online yang fungsinya berguna untuk mengajukan permohonan pembuatan surat keterangan. Kewajiban penerapan Eraterang tertuang dalam SK Dirjen Badilum Mahkamah Agung RI Nomor 44/DJU/SK/HM0. 

Untuk di ketahui juga, bahwa benerpa Aplikasi yang telah tersedia di PN Bangkinang dalam Inovasi PTSP Online anyara lain Aplikasi antrian PTSP secara elektronik, Aplikasi Mext SIPP (Monitoring Eksternal SIPP), Aplikasi SIGAPP (Sita, Geledah dan Perpanjangan Penahanan,VIRAL (Virual Layanan Asisten PN Bangkinang, Aplikasi Survey Harian PTSP , Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH), serta Inovasi Online Brosur atau aplikasi Inovasi Layanan Publik bagi masyarakat untuk mengakses Brosur, Buku, dan Banner Informasi dalam bentuk QR-Barcode. Alamat http://brosur.pn-bangkinang.go.id/. 

Selain Ketua PN, senagai Narasumber lain hadir juga Hakim Pengadilan Negeri Bangkinang Ratna Dewi Darimi, SH, Hakim Neil Gusti Ade,SH, Panitra Siti Fatimah, SH,MH, serta Kasubag PTIP Jumari,ST,MH (Adi Jondri). 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre