Breaking News

Gedung Baru Perpustakaan Umum Agam Diresmikan

 


LUBUK BASUNG | Figurnews.com - Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Agam Sumatera Barat diresmikan pada Selasa (8/3/2022).

Hadir langsung dalam peresmian gedung ini Kepala Perpustakaan Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando, Bupati Agam Andri Warman, dan Forkopimda Agam. 

Juga hadir Kepala Perpustakaan Sumbar, Nofriyal dan perwakilan perpustakaan se Sumatera Barat. Sementara, Gubernur Sumatera Barat diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Keuangan Syafrizal hadir secara Virtual.

Peresmian pemakaian gedung perpustakaan berskala nasional ini ditandai dengan pemotongan pita, penandatanganan prasasti dan permukulan tambua oleh Kepala Perpustakaan Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando dan Bupati Agam Andri Warman. 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam, Haryati dalam laporannya mengatakan pembangunan gedung itu menelan dana Rp9,5 miliar yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Sub Bidang Perpustakaan pada 2021.

"Gedung perpustakaan Agam ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang terdiri dari ruang baca, ruang kantor administrasi dan aula. Interior ruang perpustakaan itu dengan disain nyaman untuk para pengunjung", ujarnya.

Sementara, Bupati Agam Andri Warman dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan Perpustakaan Daerah (Perpusda) mempunyai arti penting dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi masyarakat Kabupaten Agam. 

Melalui gedung perpustakaan yang representatif diyakini berbagai kegiatan sosialisasi dan promosi minat baca masyarakat bisa berjalan secara maksimal. perpustakaan sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan literasi masyarakat Agam, yakni kemampuan untuk mengidentifikasi, mengerti, memahami, serta mencipta.

"Melalui gedung layanan perpustakaan daerah yang baru ini, diharapkan dapat terlaksana berbagai kegiatan sosialisasi dan promosi minat baca untuk masyarakat", ujarnya.

Bupati Agam itu juga menyebutkan gedung perpustakaan tersebut sudah tersedia dan tinggal mengisi rak dan bukunya. 

"Kita akan melakukan jemput bola ke pusat untuk menambah fasilitas di dalamnya, sehingga Pustaka ini akan sama dengan Pustaka daerah lainnya", katanya. 

Kemudian Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan Sumbar, Syafrizal mengatakan keberadaan gedung Pustaka baru ini hendaknya menjadi momentum untuk tingkatkan literasi, apalagi Pustaka Nagari Manggopoh keluar sebagai terbaik di tingkat nasional. 

"Bidang literasi sudah cukup maju di Agam, Pemprov Sumbar terus berupaya untuk mendorong dengan menyediakan Pustaka mini di sekolah dan membuat pojok baca di kantor organisasi perangkat daerahdaerah", tuturnya. 

Kepala Perpustakaan Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando mengatakan dalam rancangan program jangka menengah Presiden Joko Widodo salah satu poinnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia ungguli berupa orang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, mempunyai kemampuan inovasi dan kreativitas. (Fuad)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre