Breaking News

Dukcapil Provinsi Apresiasi Program Pemkab Tanah Datar

 

Tanah Datar, Figurnews.com - Guna meningkatkan layanan administrasi kependudukan dan inovasi pelayanan Pemerintah Daerah, Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Tanah Datar kembali meluncurkan dua Program Unggulan. Progul yang dilaunching yakni Launching Sistem Layanan "Trisula Dukcapil Membahana" merupakan singkatan "Tiga Sistem Utama Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Membahagiakan Masyarakat Tanah Datar" dan Inovasi Pelayanan "Pemudaku Tampan Sekali" yang merupakan singkatan dari "Pemuktahiran Data Kependudukan Tanah Datar Menuju Masa Depan Sejahtera, Berkualitas dan Mandiri".

Kadis Dukcapil Provinsi Sumbar Besri Rahmat menyampaikan apresiasi terhadap program inovasi yang dilahirkan Pemerintah Tanah Datar melalui Dinas Dukcapil Tanah Datar. 

"Program ini pertama dan satu-satunya di Sumatra Barat, tentunya kami dari Dinas Dukcapil Provinsi Sumbar menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya," katanya di Batusangkar, Senin (21/3/2022). 

Besri berharap, program inovasi yang dilaunching mampu menciptakan masyarakat Tanah Datar khususnya dan Sumatera Barat umumnya lebih sejahtera lagi.

Sementara itu Kadis Dukcapil Armen Yudi mengatakan, pelayanan administrasi telah dapat diakses darimana dan kapan saja melalui smartphone. 

"Dengan smartphone, masyarakat tidak perlu jauh ke kantor Dinas Dukcapil, tak perlu keluar biaya transportasi yang besar, masyarakat cukup akses aplikasi OASE Dukcapil atau juga melalui WhatsApp 08116600678 atau 08116604101 untuk ajukan permohonan dokumen kependudukan," katanya. 

Namun, tambah Armen Yudi, pihaknya menyadari tidak semua masyarakat dapat mengakses pelayanan melalui aplikasi online, sehingga kemudian berinovasi dengan membuka layanan lainnya melalui Petugas Registrasi Nagari (PRN). "PRN ini bertugas membantu masyarakat melalui Aplikasi di OASE Dukcapil dan juga melalui WhatsApp untuk memanfaatkan Sistem Layanan Trisula Dukcapil Membahana dan Inovasi Pelayanan Pemudaku Tampan Sekali," terangnya. 

Diungkapkan Armen, Dinas Dukcapil Tanah Datar juga sudah bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) se Tanah Datar, Pengadilan Agama Batusangkar, Pengadilan Agama Padangpanjang dan Rumah Sakit yang ada di Tanah Datar. "Kita telah bekerjasama lahirkan program inovasi, seperti dengan Pengadilan Agama Batusangkar diberi nama Lai Basaba singkatan dari Layanan Identitas Baru Setelah Bercerai, kemudian mempercepat akta kelahiran di Rumah Sakit di Batusangkar dan juga ada di Payakumbuh," ujar Armen. (Sutan/Pro)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre