Breaking News

Disparbud Bakal Tampilkan Indang Kolosal Pada HUT Kabupaten Solok

 


Kab Solok Figur news .com -

Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Solok yang ke-109, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Solok, gelar latihan indang kolosal, Minggu (6/3/22) di Taman Hutan Kota Wisata (THKW) Arosuka.

Mengingat ulang tahun Kabupaten Solok jatuh pada tanggal 9 April yang juga bertepatan pada bulan Ramadhan, maka untuk tahun ini hari jadi yang ke-109 dimajukan lebih awal, yakni di bulan Maret. Hadir pada persiapan latihan ini Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran, Fathnaini Aisyah, SP, Kasi Kesenian, Banta Bransyah dan sejumlah staf Kebudayaan Disparbud Kabupaten Solok. 

Menurut Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran, Fathnaini Aisyah, SP, bahwa latihan indang kolosal ini dilaksanakan dalam rangka persiapan Festival Lima Danau yang direncanakan akan dibuka pada tanggal 21 Maret di Pasanggrahan Danau Singgkarak.

“Mengingat bertepatan pada bulan Ramadhan, maka untuk pembukaan Festival 5 Danau dalam rangka HUT Kabupaten Solok, kita majukan lebih awal. Untuk itu segala persiapan kita mulai, termasuk latihan indang kolosal yang mana kesenian ini akan ditampilkan pada pembukaan festival nantinya,” ungkap Fathnaini Aisyah, SP, Minggu (6/3/22).

Pada latihan indang kolosal ini, sebut Fathnaini, di ikuti lebih kurang 100 orang peserta dari berbagai sanggar indang yang ada di Kabupaten Solok.

Ditambahkan Kabid Fathnaini, kegiatan Festival 5 Danau ini juga dalam rangka untuk meningkatkan kunjungan wisata dan sekaligus mempromosikan potensi wisata yang ada di Kabupaten Solok.

“Untuk Festival ini juga sudah masuk dalam kalender wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, namun mengingat sudah beberapa tahun diundur karena pandemi, maka tahun ini kita gelar kembali dari tanggal 21-27 Maret 2022.

Kelima Danau tersebut yakni Danai Diateh, Danau Dibawah, Danau Talang, Danau Singkarak dan Danau Tuo,” ucapnya.

Sementara itu Kasi Kesenian, Banta Bransyah menyampaikan bahwa indang kolosal kali ini di ikuti oleh seluruh sanggar indang padusi yang ada di Kabupaten Solok.

“Mengingat alek gadang Kabupaten Solok ini tinggal hitungan hari, maka dari itu kami mulai mempersiapkannya dari sekarang, agar penampilan mereka lebih maksimal lagi pada pembukaan festival lima Danau nanti,”kata Banta Bransyah.

yang diwakili Kepala Bidang Kebudayaan, Irman, menyebutkan bahwa dalam latihan kali ini, terlihat group dan sanggar indang sangat antusias sekali mengikuti kegiatan ini. Kami berharap festival 5 Danau kali ini bisa tampil beda, karena indang kolosal Kabupaten Solok merupakan salah satu Warisan Budaya tak benda Indonesia.

“Kita sengaja mengangkat, karena ini adalah warisan budaya Kabupaten Solok dan ini salah satu upaya kita untuk pelestarian, apalagi indang kolosal ini juga sudah didaftarkan oleh Disparbud Kabupaten Solok, Warisan Budaya tak benda Indonesia,” Tutupnya(Ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre