Breaking News

Cepat Tanggap, Bupati Cek Endra Intruksikan OPD Terkait Rawat Penderita Sakit Jiwa


Sarolangun (JAMBI), Figurnews.com - Bupati Cek Endra langsung mengintruksikan OPD terkait untuk mengurus Mariana (36),  penderita sakit jiwa dan sudah 6  (enam) tahun hidup dipasung di kediamannya di Desa Rantau Tenang Kecamatan Pelawan, agar Mariana mendapat perawatan khusus.  

Menurut Bupati Cek Endra, seorang pemimpin harus cepat tanggap dan peduli pada warganya yang sakit, karena semua orang berhak untuk dapat menikmati hidup yang lebih baik. 

"Ini laporan dari Camat Pelawan, malam ini. Camat sudah saya intruksikan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial agar Penderita sakit jiwa itu segera mendapat perawatan khusus, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial sudah saya minta untuk mengurusnya," kata Bupati Cek Endra, Selasa malam (8/3). 

Saat dikomfirnasi media ini, Camat Sibawaihi menyebut telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial dan langsung turun ke kediaman Mariana. 

Menurut keterangan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sarolangun melalui Khoiriyah Kabid Rehabilitasi Sosial dan Penanganan Pakir Miskin mengatakan data Mariana penderita sakit jiwa itu sudah dikirim ke pihak Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bengkulu dan pihak RSJ mengatakan akan menjeput Mariana pada pekan depan. 

"Datanya sudah kami kirim ke pihak RSJ Bengkulu, sekarang ka kami sedang mengurus kelengkapannya, Insya Allah hari Senin atau Selasa pekan depan dijebut oleh pihak RSJ Bengkulu," kata Khoiriyah, Kamis (10/3) seraya mengatakan sudah turun ke kediaman Mariana bersama Dinas Kesehatan dan Camat Pelawan Sibawaihi. 

Kabid Khoiriyah juga menyebut saat ini warga Sarolangun yang mengalami derita sakit jiwa yang diketahui dari laporan masyarakat berjumlah dua orang,  selain Mariana di Desa Rantau Tenang ada satu warga lagi yang berdomisili di Desa Batu Putih Kecamatan Pelawan. 

Kabid Khoiriyah menambahkan, Mariana mempunyai seorang anak yang menurut imformasi dari warga setempat tidak bisa bicara, Mariana ditinggal suaminya dalam kondisi sakit dan baru melahirkan anak, untung saja anak Mariana diasuh oleh Sang Datuk, orang tua Mariana, hingga sekarang berusia 6 tahun. 

Ternyata Dinas Sosial Kabupaten Sarolangun sudah dua kali merawat Mariana ke RSJ Jambi,  namun belum ada perubahan ke kondisi lebih baik. Dengan demikian Mariana diputuskan untuk dirawat di RSJ Bengkulu dengan beberapa pertimbangan.yang lebih baik. (AF) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre