Breaking News

Bupati Eka Putra : Organisasi Bundo Kanduang Menjadi Salah Satu Progul Tanah Datar

 

Tanah Datar, Figurnews.com - Menjadi salah satu sasaran termasuk dalam Program Unggulan (Progul) Kabupaten Tanah Datar 2021-2026, Bupati Tanah Datar Eka Putra menegaskan itu membuktikan perhatiannya terhadap keberadaan organisasi Bundo Kanduang di Tanah Datar. 

"Perhatian terhadap bundo kanduang terdapat pada poin 7 Progul, yakni Peningkatan Biaya Operasional KAN, LKAAM, Bundo Kanduang, dan Organisasi Keagamaan," kata Bupati Eka Putra pada acara Konsolidasi Organisasi Bundo Kanduang Provinsi Sumbar, Kamis (24/3/2022) di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. 

Diungkapkan Eka, perhatian terhadap Bundo Kanduang karena secara harfiah mempunyai arti Ibu Sejati yang mempunyai peran yang berpengaruh terhadap perkembangan dan pelestarian budaya alam Minangkabau. "Fungsi Bundo Kanduang dalam kaum terlihat dalam kiasan Limpapeh Rumah Nan Gadang, amban paruik, ka pai tampek batanyo, ka pulang tampek babarito, payuang panji dalam sarugo," ungkapnya. 

Dikatakan Bupati lagi, saat ini di tengah menghadapi persoalan semakin melunturnya nilai adat dan budaya Minangkabau di sebagian masyarakat. "Bundo Kanduang harus meningkatkan kapasitasnya sebagai ibu sejati dan melestarikan adat budaya Minangkabau serta organisasi ini memiliki program konkrit, pengurus solid dan sekretariat yang memadai," kata Eka. 

Terakhir Eka berharap organisasi Bundo Kanduang melalui kegiatan konsolidasi bisa saling berbagi informasi dan menyusun langkah-langkah kerja sejalan dengan perannya sebagai inti kekuatan kebudayaan Minangkabau. 

"Perempuan Minangkabau terkenal tangguh dari zaman dahulu, karena itu dengan konsolidasi ini bakal mampu menambah pengetahuan semua anggota dan pengurus yang hadir," tukas Eka. (Sutan/pro)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre