Breaking News

Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar, Bupati Kampar : Untuk Hasil Yang Kualitas tak Terlepas Dari Perencanaan Yang Matang

 


Bangkinang, Figurnews.com- Dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kampar Tahun 2022  dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kampar Tahun 2023, kita berharap Muarenbang ini mampu menghadirkan proses perencanaan pembangunan yang efisien, efektif, partisipatif dan akuntabel, sehingga bermuara pada tercapainya dokumen perencanaan yang semakin berkualitas. 

Demikian disampaikan Bupati Kampar, H.Catur Sugeng Susanto, SH,MH saat membuka secara resmi Musrenbang Kabupaten Kampar Tahun 2022  dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2023 yang di laksanakan di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar, Senin (21/3/2022). 

Dalam Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Riau Dapil Kampar Eva Yuliana, SE, Kepala Bappeda Litbang Provinsi Riau yang diwakili Rahmat Rahim, ST. MT,  Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Drs.H.Yusri, M.Si, Forkopimda Kabupaten Kampar, Ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faisal, ST, Anggota  DPRD Kampar dan kepada OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar. 

Dikatakan Bupati, Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2023 adalah wadah musyawarah yang melibatkan seluruh stakeholder Kabupaten Kampar untuk merumuskan lebih lanjut rancangan RKPD berdasarkan usulan Musrenbang Kecamatan, pokok fikiran DPRD Kabupaten Kampar, rancangan kerja perangkat daerah dan hasil forum gabungan perangkat daerah. 

Dengan demikian,  hasil akhir tahapan perencanaan ini adalah dokumen RKPD Tahun 2023 yang ditetapkan dengan peraturan Bupati Kampar dan akan menjadi acuan dalam pelaksanaan verifikasi rencana kerja perangkat daerah yang harus mengacu pada program prioritas yang tertuang dalam dokumen RKPD Tahun 2023. 

Disampaikan Catur bahwa tema pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2023 adalah mewujudkan pembangunan berkelanjutan untuk mempercepat peningkatan kualitas kehidupan sosial masyarakat, penguatan struktur perekonomian dan daya saing daerah dalam kondisi kehidupan normal yang baru. 


"Kepada seluruh OPD saya berharap agar dalam menyusun program kegiatan dapat mempedomani tema tersebut, untuk hasil yang berkualitas tak terlepas dari perencanaan yang matang " pinta Catur.

Pada kesempatan tersebut, Catur berpesan agar forum strategis pada hari ini dapat dimanfaatkan secara maksimal serta menjadi ruang diskusi konstruktif dalam melahirkan berbagai gagasan solutif untuk menjawab berbagai isu strategis pembangunan. 

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Kampar, Ardi Mardiansyah, S.STP. M.Si  juga Ketua Panitia, dalam loporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Musrenbang ini adalah untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Kampar dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah Provinsi Riau dan prioritas pembangunan Nasional dan juga mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah Kabupaten Kampar pada Musrenbang Kecamatan. 

Dalam usulan pembangunan tahun 2023 yang telah diinput pada sistim informasi pemerintah daerah yakni usulan aspirasi masyarakat hasil musrenbang kecamatan berjumlah 1.609 usulan dan usulan pokok fikiran hasil reses DPRD Kabupaten Kampar berjumlah 1.069 usulan. 

Adapun nara sumber pada Musrenbang ini adalah Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/BAPPENAS RI, Direktur perencanaan evaluasi dan informasi pemerintah daerah kemendagri RI, Ketua DPRD Kabupaten Kampar serta Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau. 

Rangkaian acara di akhiri dengan penandatanganan berita acara  kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2023. (Adi Jondri).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre