Breaking News

Bawaslu Tikep dan Alumni SKPP Ajak Mahasiswa Awasi Pemilu dan Pilkada 2024

 


Maluku Utara (Tidore) Figurnews.com,- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) bersama Alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Bawaslu Tikep kembali melakukan Bacarita Pemilu bersama Mahasiswa dengan tema Peran Mahasiswa Awasi Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Tikep Bahrudin Tosofu, kepada media ini, Rabu (23/3/2022), mengatakan bahwa kegiatan Bacarita Pemilu ini merupakan  kegiatan wajib bagi Bawaslu dan Alumni SKPP dalam memberikan edukasi yang positif terkait pemilu di masyarakat.

“Sebelumnya Bawaslu dan Alumni SKPP melakukan giat Bacarita Pemilu ini bersama para pemuda di lingkungan Afa-Afa Tomayou dan pada hari ini kami kembali melakukan giat ini dengan para mahasiswa di Perguruan Tinggi Universitas Nuku Tidore”, jelasnya.

Bahrudin bilang, Mahasiswa memiliki peran penting dalam melakukan pengawasan partisipatif. Pasalnya, Mahasiswa merupakan agen perubahan. Sehingga dalam kegiatan ini Bawaslu dan Alumni SKPP ingin mengajak mahasiswa untuk menggaungkan pengawasan partisipatif.

“Hari ini kita adakan pertemuan singkat bersama adik-adik mahasiswa dengan tujuan agar adik-adik dapat memahami tentang pengawasan partisipatif yang harus dilakukan oleh Bawaslu sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum”, kata Bahrudin.

Dalam kegiatan Bacarita Pemilu tersebut, Bahrudin menjelaskan peran yang dapat dilakukan pada pengawasan partisipatif. “Nantinya Mahasiswa diminta agar dapat membatu kerja-kerja Bawaslu Tikep dengan cara memberi informasi awal, mengawasi dan memantau, mencegah pelanggaran sampai pada tingkat melaporkan kepada Bawaslu apabila menemukan adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan”, tutur Kudin, sapaan akrab Ketua Bawaslu Tikep.

Sementara, Anggota Bawaslu Tikep yang membidangi Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Amru Arfa, SH menyampikan, tahapan pelaksanaan pengawasan  pemilu dan pilkada memiliki dasar dan norma hukum yang berbeda yaitu UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan UU No 10 tahun 2016 tentang Pilkada, untuk itu, UU ini menutut kita untuk siap mengawasi SDM di tingkat Keluraha/ Desa sampai Kecamatan  dan Kota

“Kepada mahasiswa yang hadir dalam bacarita pemilu,  kegiatantan ini adalah memberikan pemahaman tentang kepemiluan dan pilkada , untuk  itu kita harapkan kepada mahasiswa  dan alumni SKPP Tidore yang juga memilki pemahaman ide dan konsep tentang pengawasan maka, diharapkan kerja sama  untuk  mengawasi  pesta demokrasi yang akan datang, jika terdapat problem-problem dalam lapangan”, harapnya.

Lanjutnya, Bawaslu juga mempunyai program seperti  Gowaslu , forum warga dan lain sebaginya, jika tahapan proses pemilu dan pilkada sudah berjalan, maka  peran masyarakat jika terdapat pelanggaran-pelanggaran ditemukan dalam lapangan, silahkan melaporkan secara online ke dalam aplikasi gowaslu dengan data yang jelas, jika tidak sempat ke aplikasi silahkan datang ke Sekretariat Bawaslu Kota Tidore Kepulauan.

Sementara dikesempatan yang sama Hakim Bajang, SH. MH. Selaku pembicara dalam kegiatan tersebut meminta kepada para Mahasiswa agar nantinya dapat membatu Bawaslu Tikep dalam melanjutkan peran sebagai pengawas partisipatif dengan membentuk karakter dan kesadaran politik masyarakat dalam berdemokrasi melalui berbagai macam cara sebagaimana yang telah disampaikan oleh Ketua Bawaslu tadi sehingga dapat terciptanya demokrasi yang baik di Kota Tikep.

“Tidak bisa di pungkiri, tanpa adanya bantuan dari semua pihak untuk melakukan pengawasan partisipatif, sangat mustahil Bawaslu Tidore melakukan pengawasan dengan keterbatasan personel yang hanya berjumlah 10 orang untuk menjangkau sudut-sudut Kota Tidore yang tersebar di 8 (delapan) Kecamatan”, tutur Dosen Fakultas Hukum Universitas Nuku Hakim Bajang.

Pertemuan itu dihadiri oleh Ketua Bawaslu Tikep Bahrudin Tosofu, SH., Anggota Bawaslu Tikep Amru Afra, SH., Hakim Bajang, SH.MH. Akademisi Universitas Nuku, para Alumni SKPP Bawaslu Tikep yakni Jufri Ismail, Dwi Intan Anidah Boyke, Syamsia Suaib dan Boki Nursafaat Ramadhani, serta masing-masing 3 orang mahasiswa keterwakilan dari 6 (Enam) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Fakultas di Universitas Nuku Kota Tidore Kepulauan. (012-Tdr)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre