Breaking News

Bapas Kelas l Palembang Ikuti Rakor Pembentukan Rumah Singgah


Palembang, Figurnews.com,-

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI menggelar rapat koordinasi (Rakor) Pembentukan Rumah Singgah wilayah Sumatera Selatan yang diikuti oleh Bapas Kelas I Palembang. Karena Bapas Kelas I Palembang sebagai salah satu Bapas Piloting, yang bertempat di salah satu hotel di jalan Pom lX Lorok Pakjo,Senin (21/03/2022).

Turut hadir bersama Bapas Kelas I Palembang Dinas Sosial, Balai Budi Prakasa Kementerian Sosial serta Dinas Koperasi UMKM, Disnakertrans, Dinas PPA, Dinas Perindustrian, Kanwil Kementerian Agama dan Dinas Kesehatan di Sumatera Selatan juga dua belas (12) Pokmas Lipas.

Koordinator Pembimbingan dan Pengawasan Direktorat Jenderal Pemasyarkatan Kemenkumham RI Dasep Rana Budi dalam Sambutannya " “Rumah singgah ini dibentuk dalam rangka upaya penerapan keadilan restorative bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan,” ujarnya. 

Ia pun mengapresiasi kepada seluruh dinas dan pemerintah daerah di Sumatera Selatan khususnya yang berada di Kota Palembang telah hadir mengikuti acara ini untuk bersama-sama mengupayakan yang terbaik dalam pembentukan rumah singgah di Kota Palembang.

Sementara, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto yang diwakili oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Bambang Haryanto membuka kegiatan secara resmi

Ia menuturkan bahwa "Restorative Justice pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dilakukan dengan pelibatan dan pemberdayaan masyarakatan yang kemudian diimplementasikan dalam program Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan atau disebut Pokmas Lipas.” Ujar Kadivpas, Bambang

Bambang berharap bahwa kinerja Pokmas Lipas akan optimal dengan adanya koordinasi dan dukungan pemerintah daerah maupun instansi pemerintah lainnya terutama dukungan dalam pembentukan Rumah Singgah Griya Abhipraya yang memang merupakan tujuan utama dari diselenggarakannya kegiatan ini.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu pelaksanaan sosialisasi mengenai Konsep Rumah Singgah Griya Abhipraya yang disampaikan langsung oleh Atiek Meikhurniawati yang merupakan Sub Koordinator Bimbingan Kemandirian pada Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak.

Tak hanya melakukan sosialisasi namun inti kegiatan ini juga adalah diskusi antar instansi terkait demi suksesnya pembentukan rumah singgah terutama di wilayah Palembang, Sumatera Selatan.

Dikesempatan yang sama Kepala Bapas Kelas I Palembang Sudirwan “Kami harap dukungan serta koordinasi yang apik dengan para instansi terkait seperti dinas sosial dan pemerintah daerah untuk pembentukan rumah singgah Griya Abhipraya untuk secara bersama-sama berusaha mengatasi penyakit sosial yang ada yaitu pengulangan tindak pidana atau residive yang dilakukan oleh para klien pemasyarakatan” jelas Sudirwan

Mengingat urgensi pembentukan Rumah Singgah ini maka diperlukan dukungan serta keterlibatan seluruh stakeholder, dalam hal ini Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI sebagai penginisiasi serta seluruh dinas maupun pemerintah daerah di Sumatera Selatan.

Sumber : Bapas Kelas I Palembang

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre