Breaking News

Babinsa Koramil 06 Kampung Dalam Ajarkan Warga Binaan Cara Menanam Kacang Tanah Untuk Meningkatkan Usaha Pertanian Produktif


Kampung Dalam,Figurnews.Com-
Babinsa Koramil 06/Kp Dalam Serka Sony Soeharyadi mengajarkan warga masyarakat binaan menanam kacang tanah kepada Pak Mancun (56 thn) Suku Piliang di Korong Kampung Ladang Nagari Limau Purut Kec V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman Jum'at  (18/03/2022)


Kegiatan Babinsa memberikan pengajaran cara membudidayakan tanaman kacang tanah  karena cepat menghasilkan sebab bijinya dapat digunakan untuk keperluan pangan yang di butuhkan pedagang dan sangat cocok di tanam pada lahan yang gembur.


Pada kesempatan inilah Babinsa Serka Sony Soeharyadi mengajak dan mengajari Pak Mancun untuk memanfaatkan lahan tidur guna membudidayakan tanaman kacang tanah agar berproduktifitas meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.


Serka Sony Suharyadi menjelaskan,"Untuk pemasaran kacang tanah ini sangatlah mudah karna banyak peminat dipasaran wilayah Kecamatan V Koto timur ini, untuk ketahanan pangan kacang tanah ini petani menjual kepada pembeli dengan kisaran 15.000 - 20.000 rupiah perkilonya".


"Tanaman ini usianya ± 4 bulan sudah bisa panen  menghasilkan buah yang bagus apabila perawatan tanah selalu di perhatikan dengan melihat dan menjaga kegemburan tanah agar buah kacang tanah berkembang dengan kegemburan tanah tadi yang akan menghasilkan kualitas dan kuantitas kacang yg baik serta memuaskan nantiknya,  tanah yg gembur sangat cocok untuk tumbuhan merambat karena cepat  berkembang di daerah dataran rendah maupun di dataran tinggi" tambahnya lagi.


Sistim penanaman kacang tanah tersebut, terlebih dahulu tanah di olah dengan jarak tanam 40 cm x 15 cm, ditanam satu biji per lubang, pemupukan dengan pupuk kandang di taburkan hingga merata  setelah tanaman berumur 20 - 45 hari sekalian pengemburan tanah dibagian pinggir tanaman kacang tersebut agar kacang bisa berkembang dan akan menambah hasil perkembangan buah kacang yang lebih banyak.


Disaat pemberian pupuk kandang terlebih dahulu pupuk di fermentasikan terlebih dahulu selama 15 hari  baru di taburkan ke tanaman kacang tanah tadi hingga merata.


Dengan perawatan dan penyiangan pada kacang tanah yg tidak terlalu rumit cukup dengan pengemburan tanah dan membesihkan dari rerumputan lain sampai bersih agar kacang tanah berkembang dengan hasil yang lebih baik,penyiangan dilakukan secara hingga bersih dari rumput.


Pak Mancun sangat  mengucapkan terima kasih kepada babinsa atas petunjuk  pengetahuan dan pengalaman yang  bermafaat tentang penananam kacang tanah,


Babinsa Serka Sony Soeharyadi juga berharap sama Bapak Mancun agar tanaman  budidaya yang di lakukannya menjadi perhatian masyarakat yang lain untuk mencoba  sebagai ketahanan pangan masyarakat agar dapat meningkatkan perekonomian petani.( BBS Mil 06/Kpd SS ).

Editor :Fella

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre