Breaking News

Antonius Ketua KAN Ujunggading: Ayo Bantu Korban Gempa, Jangan Biarkan Mereka Sulit Berlarut

Pasaman Barat, Figurnews.com

Tokoh adat Antonius, SH MH Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN)  Ujunggading berharap semua masyarakat Pasaman Barat bersama-sama membantu korban terdampak bencana gempa bumi yang terjadi Jumat pagi (25/2/2022) lalu.

"Mari bersama-sama membantu meringankan kesulitan korban gempa yang menimpa sanak saudara kita di kecamatan Talamau, Pasaman, dan Kinali. Masih banyak korban yang tidur ditenda dan tempat pengungsian rumah familinya. Para korban membutuhkan uluran tangan kita semua"  ungkap Antonius di Ujung gading, Selasa (15/3).


"Jangan Biarkan mereka sulit berlarut dalam kesedihan telalu lama, apalagi beberapa minggu lagi masuk bulan suci puasa Ramadhan. Ayo bantu mereka untuk bangkit dari musibah ini" pungkasnya.


"Kita ketahui bantuan saat pasca  bencana tersebut banyak berdatangan dari luar daerah, begitu juga dari masyarakat Pasbar sendiri baik di sini maupun perantau. Kita ucapkan terimakasih juga kepada relawan kemanusiaan sudah peduli kepada dunsanak kita di nagari tuah Basamo ini" kata Antonius.

"Sekarang pengungsi sudah kembali ke tempat tinggal, namun kedepannya tentu semakin banyak kebutuhan korban, seperti pembangunan kembali rumah yang sudah roboh digoncang gempa kemarin, tentu butuh hunian sementara (Huntara) serta kebutuhan keluarga korban seperti pendidikan anak- anaknya. mari bersama-sama bantu mencarikan solusinya," sambung pengacara tersebut.

Dalam kesempatan ini, Antonius SH. MH mengajak keluarga besarnya membantu menyalurkan bantuan langsung kepada masyarakat di nagari Kajai kecamatan Talamau yang  terdampak bencana gempa 6,2 SR tersebut.

Melalui Bundo Kanduang Kecamatan Lembah Melintang. Hj. Elya Wahyu dan Ibu Agung Antonius menyalurkan bantuan uang tunai 10 juta untuk 200 penerima korban dampak bencana gempa.

"Kami kesini ikut merasakan kesedihan keluarga korban. Hari ini kami menyalurkan bantuan dari Keluarga bapak Antonius SH. MH Ketua KAN Ujung gading. Ini bentuke Peduli kita semua kepada masyarakat terkhususnya kepada kaum ibu-ibu korban gempa di Kampuang Baru Rimbo Batu , Kampung Limau Puruik Pasa Lamo Nagari Kajai dan kawasan sungai Lompang Kajai," sebut Buk Ita.

 


Bantuan yang kita berikan ditujukan untuk kaum ibu dan masyarakat terdampak bencana yang sangat butuh juga dengan support moral ataupun semangat dari kita kepada kaum ibu.

"Kita  kaum perempuan sebagai penyemangat keluarga dan limpapeh rumah nan gadang, pendidik merupakan yang utama dan maju mundurnya suatu keluarga ada di tangan seorang perempuan" ungkap bundo Kanduang tersebut.


"Terimakasih juga kami sampaikan kepada komunitas becak Ujunggading yang dikoordinir oleh Kombet yang juga ikut bagian relawan kemanusiaan bencana gempa. Luar biasa semangatnya bersama abang becak menggalang bantuan dari warga Ujunggading " sebutnya.



Sementara relawan Kombet menyampaikan dirinya bersama Komunitas Solidaritas becak motor untuk keduakalinya datang ke lokasi bencana di Kajai. 

"Pada Rabu (9/3) kemarin Kita membawa sembako dan pakaian layak pakai dengan 3 becak. Hari ini kami kembali dengan 8 becak membawa bantuan pakaian layak pakai dari ujung gading kelokasi bencana di Kajai" urainya.

"Kami juga dibantu pak Rommy Candra bang Arisman okeh Syahputra  untuk penyaluran bantuan ini. Semoga dapat meringankan beban para korban. Kedepannya rencanakan menyalurkan bantuan korban gempa di nagari persiapan Simpang Timbo Abu dan Pinaga sekitarnya" pungkas Kombet mengakhiri.

Dari data terakhir dampak gempa di Pasaman Barat sebanyak 13 orang meninggal dunia. 4.038 unit pemukiman rusak dengan rincian rusak ringan 1.786 unit, rusak sedang 916 unit dan rusak berat 1.336 unit.

Fasilitas pendidikan yang rusak 75 unit, fasilitas kesehatan 15 unit, fasilitas ibadah 40 unit, infrastruktur 26 unit dan rusaknya fasilitas pemerintah 42 unit.

(YouTube Dodi ifanda Maimbau)


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre