Breaking News

56 Tahun Tanpa Pengujian, Malam ini Jembatan Ampera Akan Ditutup


Palembang, Figurnews.com,-

Jembatan Ampera berdiri sejak 56 Tahun lalu yang berlokasi di jalan Riacudu sampai saat ini belum pernah dilakukan pengujian mulai malam ini tanggal 9 Maret akan dilakukan pengujian. Akan tetapi pada tahun 1988 ada perbaikan struktur saja.

Penutupan Jembatan Ampera yang diperkirakan memakan waktu selama tiga hari mulai malam ini sekitar pukul 23:00 Wib sampai tanggal 11 Maret.

Kepala Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Julia Augustine, ST., MT mengatakan bahwa penutupan Jembatan Ampera dilakukan karena uji dinamik hanger atau kabel jembatan Ampera. "Akan melakukan pengujian Jembatan Ampera, terkait struktur terhadap kabel,ada kabel sekitar 10 kabel jadi itu yang akan di uji,"katanya,Rabu (09/03/2021).

Dikatakannya bahwa Pengujian Jembatan Ampera sebagai tindak lanjut evaluasi struktur yang pernah dilakukan pada tahun 2021 lalu. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan lebih detail lagi terhadap peletakan kabel (bearing pad) dan kabel (hanger) eksisting di sisi lain mengingat usia Jembatan Ampera yang sudah cukup tua. 

"Menindaklanjuti evaluasi struktur salah satunya adalah pengujian dinamis, perlu kami uji lebih lanjut bahwa kedudukan kabel yang di bawah menara,"ucapnya

Akan tetapi lanjut dia, Penutup Jembatan Ampera tidak secara menyeluruh. Namun ada waktu tertentu yang memang benar-benar tidak bisa dilintasi oleh pengguna jalan. 


"Pengujian tidak di tutup secara total tetap satu atau dua jalur yang akan di buka tapi tidak semua lajur, pada saat pengujian sekitar 2 -3 menit yang benar-benar di tutup secara total dan itu dilakukan secara berulang,"jelasnya

Sampai saat ini jelas Julia, Jembatan Ampera masih cukup aman, akan tetapi jika yang melintas mobil truk yang bermuatan maka cukup berbahaya mengingat usia nya 56 Tahun dan belum ada perbaikan selama ini hanya ada perawatan secara visual saja.

"Hasil evaluasi kemaren tahun 2021 menunjukkan bahwa keamanan yang cukup baik, namun ini cukup di bayangkan ,ada potensi yang kurang aman jika di lintasi oleh truk besar,"jelasnya

Menurut Julia, pengujian Jembatan Ampera saat ini cukup urgensi karena terakhir dilakukan evaluasi sekitar 34 tahun lalu.

"Evaluasi struktur terakhir pada tahun 1988, karena selama ini hanya visual saja. Belum ada competitive. Jadi cukup penting. Setelah uji ini mungkin ada pengujian lain, setelah rehabilitasi biasanya melakukan pengujian kembali,"ungkapnya

Ia berharap dengan terus dilakukan perbaikan dan pengujian terhadap jembatan Ampera sehingga jembatan Ampera memiliki umur yang lebih panjang karena Jembatan Ampera juga salah satu Cagar Budaya.

" Kita berharap jembatan Ampera bisa lebih lama,Saat ini kita hanya bisa merervasi dulu,"harapnya(Fera).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre