Breaking News

Wujudkan Bebas ODOL 2023, BPTD Wilayah VII Sosialisasi Secara Masif

Palembang, Figurnews.com,-

Kendaraan angkutan barang yang Over dimensi over loading (ODOL) dinilai merugikan negara dengan angka yang cukup Fantastis dan juga menjadi penyebab lakalantas, Kementerian Perhubungan membuat kebijakan agar bebas ODOL. 

Untuk mewujudkan bebas ODOL kementerian perhubungan darat khususnya BPTD VII wilayah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung melakukan sosialisasi secara masif salah satunya menggelar Normalisasi (pemotongan) kendaraan ODOL di terminal Alang-alang lebar, Rabu (23/02/2021).

Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (TSDP) Kementerian Perhubungan Ir.Junaidi,. MM mengatakan bahwa dengan dilakukannya normalisasi ini dari pemerintah pusat dan juga daerah mengharapkan agar ini terus dilakukan edukasi dan juga sosialisasi terhadap kegiatan over dimensi over loading.

"Saya atas nama Dirjen perhubungan darat Kemenhub mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya atas kerjasama dan kolaborasinya juga khususnya kepada bapak Kapolda Sumsel yang telah ikut partisipasi dan juga mendorong untuk terselenggaranya terciptanya Zero ODOL di 2023 mendatang,"ucapnya

Untuk itu lanjut dia,Tentunya mengharapkan agar aspek keselamatan transportasi didarat dan juga khususnya di pelabuhan penyeberangan ini bisa di wujudkan dengan adanya program Bebas ODOL ini.

"Untuk terwujudnya Program kegiatan ini perlu adanya komitmen bersama untuk mendorong dan mewujudkan menuju Zero ODOL 2023,"harapnya.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VII Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Muhammad Fahmi, ST., M.M. Tr mengatakan bahwa pihaknya melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap kendaraan angkutan barang yang ODOL menggerakkannya secara masif setiap hari di seluruh terminal bukan hanya hari ini saja.

"Hari ini kami di seluruh terminal bahkan setiap harinya kami galak kan sosialisasi ODOL sebagai mana Intruksi dari dirjen perhubungan darat dan juga yang di katakan oleh Pak Kakorlantas untuk mengkampanyekan ini yang lebih masif lagi dan terus kami lakukan,"katanya Fahmi

Bukan hanya itu lanjut dia, pihaknya menurunkan anggota dibeberapa titik Simpul Transportasi untuk mensosialisasikan program bebas ODOL 2023.

"Bahkan dibeberapa simpul-simpul transportasi kami giatkan anggota kami dan kami sangat Terimakasih atas dukungan dari dirlantas Polda Sumsel atas kolaborasinya dan ini terus akan kita dorong,"jelasnya

Dan sempat di bahas saat Rakernis kata dia, bahwa untuk menindak tegas bagi pengendara yang membandel pihaknya siap untuk membantu.

"Termasuk kemarin di Rakernis bersama polres Sumsel siap membantu jika diperlukan dari kami BPTD wilayah VII Provinsi Sumsel Babel,"ungkapnya

Sementara Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol Pratama Adhyasastra melalui Wadirlantas AKBP Sigit Adi Wuryanto SIK MH mengatakan bahwa mendukung penuh atas Program Zero ODOL 2023, Selain itu ODOL juga salah satu penyebab lakalantas yang berdampak fatal yang luar biasa.

"Kami pada dasarnya berkomitmen mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan dirjen perhubungan darat terkait dengan ODOL,"kata Sigit

Hal yang senada juga di katakan oleh Kepala Jasa Raharja Cabang Palembang Abdul Haris bahwa pihaknya berkomitmen mendukung program Kementerian Perhubungan bebas ODOL 2023. Karena selama ini setiap harinya paling sedikit tiga orang diberikan santunan yang disebabkan oleh lakalantas.

"Jasa Raharja tentu sangat mendukung program normalisasi untuk ODOL ini, Karena seperti yang disampaikan dari pak Wadirlantas bahwa salah satu faktor angka kecelakaan di Sumsel maupun di daerah lain adalah angkutan yang ODOL,"bebernya

Sementara Pengusaha Jasa Angkutan barang (Truk) Chairudin mengaku secara pribadi mendukung dengan adanya program Zero ODOL. Namun ia mengharapkan agar pemerintah memikirkan juga dari sisi kerugiannya karena berdampak kepada masyarakat luas.

"Saya selaku pribadi selaku pemilik usaha ekspedisi transportasi sesungguhnya sangat mendukung adanya ODOL, Memberikan Beban positif untuk saya Khususnya biaya mentenen akan jauh lebih berkurang mulai dari velg, Ban dan kerusakan lainnya,"ungkapnya

Tetapi ada sisi yang lain yang akan dibebankan kepada masyarakat, mungkin harga ongkos angkut akan melambung sebanyak 3 kali lipat dari sekarang.

"Saya berharap agar pemerintah bisa membantu kami dari sisi lainnya sehingga nanti kami bisa mengurangi beban biaya operasional kami,"harapnya. (Fera)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre