Breaking News

Warga Pasbar Musti Tau Bantuan Sosial di Kantor Pos, Berikut Jadwalnya


Pasaman Barat, Figurnews.com

Pelaksanaan program bantuan sosial (Bansos) yang bersumber dari Pemerintah melalui Kemensos RI Tahun 2022 telah memulai babak baru dengan dikeluarkannya Surat Dirjen PFM Kemensos RI Nomor 592/6/BS.01/2/2022 tanggal 18 Februari 2022 Perihal Percepatan Penyaluran Bansos Sembako/BPNT Periode Januari sampai bulan Maret Tahun 2022.

Kadinsos Pasaman Barat Hermanto melalui Kabid Bantuan dan Sosial Haljeki Aulia menjelaskan berdasarkan arahan Presiden Republik Indonesia bahwa Pemerintah akan menggunakan PT. Pos Indonesia (Persero) untuk membantu percepatan penyaluran bantuan sosial sehingga benar-benar sampai di masing-masing penerima manfaat. 

"Adapun nama program tersebut bernama Bantuan Sosial Sembako (BSS) yang merupakan pengembangan dari Program Sembako/ BPNT pada tahun sebelumnya. Data Penerima Manfaat bersumber dari data terpadu kesejahteraan sosial yang dikelola oleh Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial," kata Haljeki

Tahap I Pemerintah akan menyalurkan BSS sebanyak 11. 515 KPM untuk Kabupaten Pasaman Barat dengan 6 lokasi penyaluran Kantor PT. POS Indonesia yaitu: 

Kantor Pos Ujung Gading Melayani penerima bantuan warga di wilayah kerja Kecamatan Lembah Melintang, Gunung Tuleh, dan Sungai Aur.

Kantor Pos Kinali  penerima bantuan BSS di wilayah Kecamatan Kinali, 

Kantor Pos Simpang Tiga (Kecamatan Luhak Nan Duo dan Sasak Ranah Pasisie), 

Kantor Pos Simpang Empat (Kec. Pasaman), Kantor Pos Air Bangis (Kec. Sungai Beremas, Koto Balingka, dan Ranah Batahan), Serta Kantor Pos Talu ( Kec. Talamau).

"Sampai saat ini, kesiapan penyaluran BSS telah diterima 2 lokasi dan jadwal penyaluran yaitu pada Kantor POS Ujung Gading dengan jadwal penyaluran tanggal 25-26 Februari 2022" jelasnya.


Untuk Kecamatan Lembah Melintang (Nagari Ujung Gading dengan Jumlah 1.215 KPM), tanggal 01-02 Maret 2022 untuk Kecamatan Sungai Aur (Nagari Sungai Aua) dengan jumlah 705 KPM, Tanggal 03 Maret 2022.

Sementara Kecamatan Gunung Tuleh (Nagari Muara Kiawai dengan jumlah 299 KPM), dan tanggal 04 Maret 2022 untuk Kecamatan Gunung Tuleh (Nagari Rabi Jonggor dengan jumlah 588 KPM).

Selanjutnya Kantor Pos Simpang tiga dengan jadwal penyaluran BSS dimulai pada tanggal 25-26 Februari 2022 untuk Kecamatan Luhak Nan Duo (Nagari Koto Baru dengan julah 485 KPM), 

Pada Tanggal 27-28 Februari 2022 Kecamatan Luhak Nan Duo (Nagari Kapa dengan Jumlah 304 KPM), 

Tanggal 4-5 Maret 2022 untuk Kecamatan Sasak Ranah Pasisie ( Sasak dan Maligi dengan Jumlah 631 KPM).

Sehubungan dengan pelaksanaan tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat telah melakukan koordinasi Baik dengan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Polres Pasaman Barat, dan PT. Pos Indonesia Cabang Lubuk Sikaping sebagai penyalur BSS di Kabupaten Pasaman Barat. 

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat akan menyurati Kecamatan dan Nagari untuk membantu dalam percepatan penyaluran bansos ini sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pelaksanaan penyaluran BSS baik data BNBA Penerima, Lokasi dan Jadwal Penyaluran serta menekankan perlunya koordinasi dalam setiap lini.

"Harapan dari pelaksanaan penyaluran BSS ini adalah benar-benar diharapkan sampai di masing-masing penerima manfaat dan tidak ada oknum yang bermain dan melakukan kecurangan," pungkas Haljeki.


(DOLOP)

1 komentar:

  1. Apakah benar min itu bebas dibelikan diwarung mana saja, asalkan benar² dibelikan sembako ?

    BalasHapus

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre