Breaking News

Wabup Resmikan Pusat Informasi Budaya

 

Tanah Datar, Figurnews.com - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Sumatera Barat yang berlokasi di Pagaruyung Tanah Datar memiliki pusat informasi seputar sejarah dan kebudayaan yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Barat bahkan untuk wilayah Riau dan Kepulauan Riau.

Pusat informasi dalam bentuk audio dan visual itu resmi ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH dan penandatanganan prasasti oleh Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Judi Wahjudi, S.S., M.Hum, Kamis (17/2/2022) di kantor BPCB Sumbar di Pagaruyung.

Usai peresmian itu Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian menyambut baik sekali keberadaan pusat informasi kebudayaan dan katakan itu sangat tepat sekali karena Tanah Datar sebagai pusat kebudayaan jadi sangat mendukung untuk ketersediaan informasi sejarah dan kebudayaan bagi siapa saja yang membutuhkan.

“Kita pahami Kabupaten Tanah Datar sebagai Luhak Nan Tuo, pusek jalo pumpunan ikan, sudah barang tentu disini merupakan cikal bakal adat istiadat Minangkabau dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI sudah sangat tepat mendirikan pusat informasi kebudayaan di sini,” ucapnya.

Ditambahkan Wabup Richi keberadaan pusat informasi yang sudah dibangun di BPCB ini luar biasa, sangat informatif dan interaktif sekali, ada audio visual room yang akan memutarkan visual dokumenter tentang kebudayaan, peninggalan sejarah maupun berbagai informasi seputar peninggalan sejarah di wilayah Sumatera Barat dan sekitarnya.

“Kita berharap kedepan Tanah Datar menjadi daerah kunjungan bagi wisatawan baik wisatawan sejarah maupun yang ingin menikmati keindahan alam, seni tradisional maupun kuliner khas Tanah Datar Luhak Nan Tuo,” ujarnya.

Wabup Richi juga sebut kedepan akan mengembalikan fungsi Benteng Vander Cappelen sebagai museum dan aset sejarah dan berharap Tanah Datar menjadi daerah tujuan studi sejarah dan cagar budaya bagi siapa saja. (Sutan/Pro)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre