Breaking News

Progul Tanah Datar Kembali di Launching Bupati Tanah Datar

 

Tanah Datar, Figurnews.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra SE, MM kembali melaunching salah satu Program Unggulan (Progul) Tanah Datar 2021-2026 yakni Satu Nagari Satu Event, serta meresmikan kalender event tahun 2022, Minggu (27/2/2022) malam di Gedung Nasional Maharajo Dirajo. Progul ini diharapkan dapat menunjang  Ekonomi Kreatif, Pelestarian Kebudayaan, Memajukan Olah Raga dan Produk Nagari.

Bupati Eka mengatakan, bidang pariwisata menjadi sektor penting yang telah tertuang di RPJMD 2021-2026, karena itulah launching Progul Satu Nagari Satu Event adalah momentum penting bagi dunia kepariwisataan di daerah yang di kenal Luhak Nan tuo ini.

“Progul Satu Nagari Satu Event dimaksudkan untuk menggali, melestarikan dan mempromosikan kearifan lokal nagari melalui kelompok sadar wisata, sanggar-sanggar kesenian di nagari, kerajinan anak nagari, permainan anak nagari, klub olahraga nagari, UMKM dan lain sebagainya.  Sehingga menjadi langkah besar dalam pengembangan pariwisata, budaya serta meningkatkan kunjungan wisatawan di Tanah Datar," katanya.

Dikatakan Eka, potensi pariwisata Tanah Datar sangat berlimpah yang akan  mendatangkan multiplier effect serta lebih cepat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Potensi itu tersebar di setiap nagari, ini yang kita kemas ke dalam Progul ini,  Pemerintah Daerah optimis melalui potensi wisata luar biasa, berdampak pada peningkatkan kesejahteraan masyarakat di Luhak Nan Tuo,” ujar Eka.

Bupati Eka menyebutkan, tahun 2022, Satu Nagari Satu Event terlaksana di  14 nagari dan akan ditambah jumlahnya pada tahun 2023, dan di tahun selanjutnya semua nagari telah melaksanakannya secara menyeluruh. 

"Agar pelaksanaan Progul berjalan baik sesuai harapan yang diinginkan sehingga tahun selanjutnya semakin bertambah nagari yang ikut serta, kita melibatkan tim kurator yang bertugas merencanakan, membina, membimbing serta mengawasinya," tukas Eka. (Sutan/pro)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre