Breaking News

Poskesdes Pukarayat Bakal Direlokasi Tahun 2023


Foto: Kondisi Poskesdes Dusun Pukarayat saat ini

MENTAWAI. FN- Pos Kesehatan Desa (Puskesdes) sebagai wadah kesehatan Masyarakat Desa, berperan penting bagi kegiatan pelayanan kesehatan Masyarakat di Dusun Pukarayat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Selain berada di Pinggiran Pantai dan jauh dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Poskesdes tersebut sudah tidak layak menjadi tempat bagi pelayanan Masyarakat. 

Menurut Kepala Puskesmas (Kapus) ) Mapaddegat, Steffani Ribkha bahwa Poskesdes sudah dua tahun tidak beroperasi. 

"Dinding dan atap bangunan Puskesdes sudah lapuk dan bocor, terakhir kegiatan petugas kesehatan disana pada bulan Desember 2019," ujarnya. Senin, (28/02/2022). 

Kapus itu menambahkan, Petugas Kesehatan di tempat tersebut saat ini memberikan pelayanan kesehatan dengan menumpang di rumah warga setempat. 

"Jadi kalau ada Posyandu, Petugas melaksanakannya di Sekolah, ada dua petugas berada disana," imbuhnya. 

Meski Poskesdes tidak berfungsi, pihaknya tetap mengupayakan pelayanan kesehatan agar maksimal. 

Sementara itu, Kepala Desa Tuapejat, Pusuibiat T. Oinan mengatakan, relokasi Poskesdes telah diusulkan tahun 2022. 

"Tahun ini kita coba dulu susun anggaran, apabila memadai, kita rencana bangun tahun 2023 depan," katanya. 

Melalui Musrenbang Kecamatan lalu, pihaknya telah menyampaikan persoalan Poskesdes di Pukarayat. Meski saat ini kondisinya sangat memperhatinkan. 

"Namun itu tetap kita prioritaskan, karena ini menyangkut kebutuhan Masyarakat," tambah Kepala Desa itu. 

Sebelumnya dikatakan, pihak Desa telah berencana untuk memberi solusi atas persoalan tersebut. Akan tetapi, Pandemi Covid-19 juga melanda negeri. Akibatnya, anggaran yang direncanakan dialihkan ke penanganan Covid-19. 

Poskesdes Pukarayat yang berjarak 500 meter dari pemungkiman Masyarakat itu lanjut Kepala Desa berada persis di tepai pantai. Tentunya, perlu lahan dan bangunan baru di area ketinggian. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre