Breaking News

Pemilu dan Pilkada 2024 di Mentawai, Bawaslu Ajak Mahasiswa Ikut Berpartisipasi


Foto: Pertemuan Divisi Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Komisioner Bawaslu Mentawai dengan GMKI

MENTAWAI. FN- Dalam meningkatkan partisipasi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mentawai merangkul seluruh unsur Masyarakat. Salah satunya, melalui organisasi kemahasiswaan.

Pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 dan Pilkada pada 27 November 2024 mendatang disebutkan peranan seluruh unsur masyarakat sangat penting. Hal itu disampaikan saat pertemuan bersama Mahasiswa melalui Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Kampus Program Studi Diluar Domisili (PDD) Mentawai.

Divisi Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Komisioner Bawaslu Mentawai Firdaus Satoinang pada pertemuan sekaligus membuka forum diskusi itu menyebutkan peranan unsur masyarakat dalam mendukung Pemilu 2024 mendatang sangat dibutuhkan. 

Melalui itu, pihaknya bakal memberikan pemahaman dalam berbagai pertemuan bersama masyarakat. Salah satunya, mahasiswa di kampus PDD Mentawai, Desa Bukit Pamewa, Kecamatan Sipora Utara. Jumat, (18/02/2022).

Menurutnya, mahasiswa sebagai mitra Bawaslu kedepan dalam menyukseskan Pemilu dapat menyampaikan informasi kepada keluarga kerabat dan masyarakat sekitar. 

Salah satu dari informasi itu diharapkan dapat memberikan informasi terkait pelanggaran dalam Pemilu. Artinya, masyarakat dapat mengetahui berbagai pelanggaran pada tahapan  Pemilu mendatang.

Bawaslu sebagai pengawas berlangsungnya tahapan Pemilu dikatakan Firdaus tidak dapat berjalan sendiri tanpa laporan dari masyarakat. Maka pentingnya menjalin kerja sama dengan unsur masyarakat yang terdiri dari organisasi masyarakat, mahasiswa, lembaga swadaya masyarakat dan para tokoh masyarakat.

"Salah satu contoh larangan dalam tahapan Pemilu itu adalah memasang reklame di instansi pemerintah dan rumah ibadah," sebut Firdaus.

Ia menjelaskan sosialiasi Pemilu menjelang 2024 mendatang bakal terus di sampaikan dalam berbagai forum. Peserta tentunya dapat belajar dalam memahami tugas pokok dari Bawaslu itu sendiri. 

Mahasiswa melalui organisasi GMKI Mentawai itu mengemukakan pertanyaan dan pendapat terkait pelanggaran dalam Pemilu. Selain itu, mahasiswa juga mempertanyakan terkait sinkronisasi masing-masing Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

Hal itu dapat diihat melalui data jumlah penduduk terbaru Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Disdukcapil akan menyampaikan data tersebut kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Selanjutnya, data itu akan disinkronisasikan dengan DPT sebelumnya. 

Firdaus Satoinang mengatakan sinkronisasi data itu dapat ditentukan dengan jumlah DPT pada pemilu sebelumnya dengan jumlah data penduduk terbaru.

"Disini akan ketahuan jumlah DPT itu apakah bertambah dan apakah berkurang," sebutnya.

Adapun yang perlu diperhatikan pada DPT ini adalah terdapatnya pemilih ganda. 

Diketahui, jumlah DPT di Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Pemilu tahun 2019 sebanyak 62.959 DPT (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre