Breaking News

Pemda Pasaman Barat mulai Lakukan Vaksin Booster


Pasbar, Figurnews.com- Pemerintah Daerah (Pemda) Pasaman Barat (Pasbar) resmi mulai melakukan vaksin ketiga atau vaksinasi Covid-19 lanjutan (Booster). Pelaksanaan perdana vaksinasi booster ini diberikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemda Pasbar, Senin (21/2) yang di laksanakan di Balerong Anak Nagari.

"Pelaksanaan vaksinasi Booster ini dilaksanakan Pemerintah Daerah Pasaman Barat selama empat hari, mulai 21 - 24 Februari 2022. Vaksin Booster ini penting bagi seluruh masyarakat, diberikan sebagai komitmen dari pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia tidak terkecuali masyarakat Pasbar dari ancaman COVID-19 dan termasuk varian-varian barunya,” kata dr. Fitri Aditia Tenaga Medis Puskesmas Sukomenanti.

dr. Fitri Aditia menjelaskan bahwa selama empat hari pelaksanaan vaksin booster, akan diikuti oleh seluruh ASN pada OPD di lingkungan Pemkab Pasbar. Untuk hari pertama, vaksin diberikan kepada Dinas Kominfo, BKPSDM, Inspektorat, Satpol PP,  DPPKBP3A, Dinas Penduduk dan Pencatatan Sipil, Bappeda dan Sekretariat Daerah. 

Ia menambahkan, di hari pertama pelaksanaan vaksinasi disediakan 4 geray dengan 100 Vaksin di masing-masing geray, dengan tiga jenis vaksin yakni Pfizer, Astrazenecca, Sinovac. Ketiga jenis vaksin yang diberikan akan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis pertama dan kedua yang diterima.

"Pelaksanaan vaksin boster ini dilaksanakan dengan  ketentuan Pemerintah Daerah. Kami sebagai tenaga medis berkoordinasi secara langsung dengan Dinas Kesehatan dalam menentukan tata cara pemberikan Vaksin. Program vaksin booster ini akan dilakukan secara gratis kepada masyarakat yang telah berusia 18 tahun ke atas dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis 1 dan 2, dengan kurung waktu minimal enam bulan terakhir," jelasnya.

Ia mengatakan, setelah pelaksanaan vaksinasi booster bagi ASN ini, setelah itu akan dilanjutkan dengan pemberian kepada masyarakat. 

Selain itu, dr. Fitri Aditia juga menghimbau masyarakat agar tidak takut untuk melakukan Vaksin booster, karena manfaatnya sangat besar bagi tubuh yaitu dapat memperkuat kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terpapar Covid-19 nantinya, mengingat saat ini Covid-19 di Pasaman Barat masih ada.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre