Breaking News

Pasca Gempa Pasbar, Kemenkumham Sumbar Berikan Bantuan Sosial Untuk WBP Lapas Kelas III Talu


 Pasaman Barat, Figurnews.com--
Pasca gempa bumi yang terjadi di Pasaman Barat Bapak Kepala Kantor wilayah KUMHAM Sumbar R.Andika Dwi Prasetya mengucapkan, turut berbelasungkawa atas musibah yang menimpa beberapa daerah di Pasaman Barat akibat terjadinya Gempa pada Jumat 25/6 kemarin.

Kepala Kanwil KUMHAM Sumbar R.Andika Dwi Prasetya juga meminta maaf kepada petugas dan juga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) karena tidak bisa menemui secara langsung dikarenakan Situasi dan cuaca serta akses menuju Lapas Talu tidak memungkinkan untuk dilalui.

“Saya meminta maaf kepada petugas dan juga warga Binaan Pemasyarakatan karena tidak bisa menemui langsung sebab situasi dan cuaca serta akses menuju Lapas Talu kelas III yang tidak mungkinkan untuk dilalui”ungkap R Andika Dwi Prasety 

Ia juga menyalurkan bantuan sosial berupa sembako kepada UPT Lapas Kelas III Talu yang mana pendistribusianya langsung diwakilkan oleh Kepala Lapas Talu bapak Donni Isa Dermawan,Minggu (27/2/2022).

Kepala Lapas Kelas III Talu Donni Isa Dermawan juga memberikan arah agar para Warga Binaan selalu tetap tenang dalam menghadapi bencana gempa ini.


"Akibat gempa jumat kemaren menyebabkan empat dari delapan kamar hunian mengalami retak di bagian dinding," kata Kalapas Talu

Ia mengatakan dengan retaknya dinding tersebut maka pihak Lapas Talu harus memperkuat pengamanan karena dinilai rawan gangguan keamanan.

"Kami menambah jumlah petugas serta meminta penguatan dari TNI dan Polri untuk pengamanan, untuk korban jiwa tidak ada," katanya.

Selain meretakkan dinding kamar hunian, gempa juga mengakibatkan pecahnya keramik lantai Lapas yang kini dihuni 129 warga binaan dan pegawai sebanyak 24 orang.

Andika mengatakan untuk sementara belum ada rencana pemindahan ratusan tahanan tersebut karena melihat perkembangan situasi.


"Dinding yang retak kami upayakan segera diperbaiki karena tergolong rawan, untuk pemindahan tahanan belum ada rencana karena melihat perkembangan situasi," katanya.

Andika mengatakan pihaknya tengah berupaya menenangkan situasi dan meredakan kecemasan warga binaan akan datangnya gempa susulan.

"Pegawai terus berusaha menenangkan situasi, karena memang (situasi) sempat khawatir dan panik saat gempa terjadi," katanya.

Pada bagian lain, dampak gempa juga telah menyebabkan kerusakan di bagian atap serta plafon, listrik padam Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Pasaman serta merobohkan dinding dapur yang tengah direhabilitasi.
(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre