Breaking News

Guna Meningkatkan Ekonomi Warga Binaan Babinsa Koramil 06/Kp.Dalam Ajarkan Budidaya Tanaman Kapulaga


Kampung Dalam,Figurnews.Com-
Babinsa Koramil 06/Kp Dalam Serda Rizali melaksanakan pemberdayaan warga binaan mengajari Budidaya Tanaman Kapulaga kepada Bapak Jafri di Korong Pasar Padang alai Nagari Gunuang padang alai kec V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman Sabtu (19/02/2022)


Kegiatan Budidaya Kapulaga ini dilakukan karena melihat harga pasar Kapulaga cukup bagus di pasaran hingga mencapai 25 ribu/kg untuk yang basah dan budidaya kapulaga di nagari padang alai ini sudah lama ditinggalkan.


Dalam kesempatan inilah Babinsa Nagari Padang Alai mengajak dan mengajari Pak Jafri yang memiliki lahan tidur untuk budidaya kapulaga guna meningkatkan perekonomiannya.


Cara penanaman kapulaga tergolong mudah,yang pertama dilakukan adalah membuat lubang tanam dengan lebar 30x30 cm dengan kedalam 15 sampai 20 cm dengan jarak lubang tanam 1.5 sampai 2 meter ini bertujuan untuk memberi ruang tumbuh untuk rumpun kapulaga.


Kemudian lubang tanam di isi dengan 0,5 kg pupuk kandang lalu tanam bibit batang kapulaga dan tutupi lubang tanam tadi dengan tanah,disini babinsa juga menjelaskan kepada Pak Jafri bahwa kapulaga butuh tanaman penaung agar tidak langsung terkena sinar matahari yang dimana lahan tidur yang dimanfaatkan pak jafri kebetulan memang banyak pohon rindang.


Untuk perawatan kapulaga sendiri sangatlah mudah dari masa tanam  hingga 10 bulan umur panen kita hanya melakukan penyiraman,penyiangan,penyulaman apabila ada bibit tanamam yang mati. 


Pemupukan dari pupuk kimia juga bisa ditambahkan yaitu pupuk Urea,KCL,SS dan TSP dilakukan sebulan sekali untuk menjaga dan  menambah Pertumbuhan daun, batang dan buah dan utk menambah unsur hara yang ada di tanah.


Peracunan hama tanaman dilakukan seminggu sekali utk membasmi hama wereng, ulat dan hama jamur dgn menggunakan Demolisi 1 tutup botol/tangki, 2 sendok Mancobat/ tangki dan 2 sendok Balicals/tangki.


Dalam kesempatan ini Pak jafri mengucapkan terima kasih atas ide pemanfaatan lahan kosong  dan pengajaran langsung yang diberikan oleh Babinsa  Serda Rizali dan Serda Rizali berharap agar budidaya ini dapat dicontoh dan ditularkan kepada warga binaan yang lain agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat...( BBS MIL 06/KPD ARH)

Editor :Fella

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre