Breaking News

Desa Wisata Sinuruik Dikukuhkan Dinas Pariwisata Pasbar, Ini Panoramanya

 

Kincia Sawah Labuah Tongah

Pasaman Barat, Figurnews.com

Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Pasaman Barat, Decky H Syahputra SH mengukuhkan Desa Wisata Nagari Sunuruik di jorong Benteng Kecamatan Talamau, Selasa (22/2)

Deklarasi Desa Wisata Sinuruik

Pada kesempatan tersebut hadir Ketua Komis 3 DPRD Pasaman Barat, Drs.Baharuddin R, Kapolsek Talamau AKP. Junaidi SH, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Pasbar, Randy Hendarwan, PJ Wali Sinuruik ,Sekna Sinuruik, BabinsaSinuruik, Bhabinkamtibmas Sinuruik, Tokoh masyarakat dan ibu-ibu Puan Anta Al Nabilla.

Dalam sambutannya, Decky mengutarakan Desa wisata adalah desa atau nagari yang dijadikan tempat wisata karena daya tarik yang dimiliki di Sinuruik.

Puncak Galanggang "Panorama Gunung Talamau"

"Desa wisata Sinuruik merupakan suatu bentuk integrasi keindahan alam , akomodasi dan tentu masih dibutuhkan pengembangan fasilitas pendukung untuk disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku" jelasnya.

Desa wisata Sinuruik memenuhi semua unsur wisata yang memiliki potensi daya tarik. Di antaranya wisata alam, wisata budaya, dan wisata hasil buatan manusia dalam satu kawasan tertentu dengan didukung oleh atraksi, akomodasi, dan fasilitas lainnya. 

Hal ini sesuai dengan kearifan lokal masyarakat. Desa wisata , seluruhnya terintegrasi, semua unsur di dalam desa atau Nagari Sinuruik untuk mengangkat keunikan dan kearifan lokal sebagai icon pariwisata terbaru di bumi Tuah Basamo.

"Mari bersama- sama kita gebiarkan Potensi Desa wisata Sinuruik diantaranya Panoram Gunung Talamau, Air Terjun, Aia Angel (Air Panas), Hamparan Sawah yang Luas, udara nan sejuk, Budaya, Kuliner, Flora dan Fauna yang di anugerakan Allah SWT" seru Kadis Pariwisata.

Panorama Alam "Labuah Tangah"


Wali Nagari Sinuruik di dampingi Sekretaris Sinuruik Dasril B mengatakan pada tahun 2022, Nagari Sinuruik merupakan salah satu dari 19 nagari yang masuk dalam rencana pengembangan Kawasan Wisata Kabupaten Pasaman Barat. Oleh karena Pemerintahan Nagari Sinuruik menyambut baik dengan membuat perencanaan yang bersinergi dengan perencanaan Dinas Pariwisata Kabupaten Pasaman Barat ini.

Sejalan dengan semangat pemerintahan Nagari Sinuruik selain pertanian, menjadikan nagari embun ini jadi lokasi pariwisata.

Hal ini didukung dengan potensi Alam nan indah, udara yg sejuk serta Budaya yg sudah ada sejak ratusan tahun yg lalu kemudian didukung fakta bahwa 10 desa terbaik dari 78 ribu desa se Indonesia itu bermain di sektor pariwisata membuat kita yakin Nagari Sinuruik siap untuk menjadi Desa/Nagari Wisata di Kabupaten Pasaman Barat.

"Nah, salah satu tahapan dari proses Nagari Sinuruik menuju Nagari Wisata adalah Deklarasi Desa Wisata. Dimana di dalam deklarasi ini kita mengundang seluruh stakeholder nagari" 

"Sehingga kedepannya melalui kegiatan ini bukan hanya pemerintahan saja tapi masyarakat se Nagari Sinuruik, "Sadonciang bak bosi saciok bak ayam" siap mendukung dan berkontribusi menjadi bagian dari Sinuruik Nagari Wisata" pungkas Dasril.

Dalam kegiatan ini  juga hadir Niniak Bahar selaku Tokoh Sinuruik dan Ketua Komisi 3 DPRD Kab  Pasaman Barat tentunya nanti akan memberi pengaruh besar untuk pembangunan Desa Wisata ini.

"Didukung pengalaman beliau, selaku anak Nagari Sinuruik yg pernah menjabat sebagai Bupati dua kali tentunya akan memberi dampak besar di dalam mewujudkan Nagari Sinuruik menjadi Nagari Wisata untuk dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara" harapnya.

Begitu juga hal nya dengan kehadiran Kadis Pariwisata dan Kadis DPMN kabupaten Pasaman Barat diharapkan akan memacu progres percepatan Sinuruik menjadi Nagari Wisata.

"Mari kita sama-sama berproses. InsaAllah Nagari Wisata akan mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Orang lain bisa, kita juga bisa...!!! pungkas Dasril sambil mengajak #AyoKesinuruik.

Dodi Ifanda Rang Talu


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre