Breaking News

Delapan Pengurus PII Sumsel Terima Sertifikat AFEO, Salah Satunya Rektor Unsri


Palembang, Figurnews.com,-

Dari puluhan Insinyur mengikuti kompetisi sertifikat Asean Engineer, Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII) ada delapan orang yang mendapatkan sertifikat AFEO salah satunya Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE, IPU. dan juga sebagai Ketua PII Sumsel.

Anis menjelaskan bahwa Sesuai dengan undang-undang nomor 11 tahun 2004 seorang insinyur harus memiliki sertifikat, untuk di Indonesia sendiri memiliki tiga tingkatan yakni Pratama, Madiya, Utama (IPU). 

"Berdasarkan Undang undang nomor 11 tahun 2004 mengamanahkan siapapun punya gelar dari Akademik wajib ikut profesi walaupun sudah punya tulisan IR termasuk saya,"kata Anis

Pada waktu itu, Lanjut Anis Gelar Akademik IR dan saat ini namanya ST namun untuk mendapatkan pengakuan maka harus mengikuti Sertifikasi. Bukan saja di Indonesia tapi di Asean juga.

"Banyak yang mengikuti untuk sertifikasi dikelas AFEO tapi yang mendapatkan sertifikat kita delapan orang ini, Ini anugerah apalagi PII ada kewajiban untuk bekerjasama dengan Universitas untuk membuka Profesi,"jelas Anis


Untuk itu jelas dia, PII akan bekerjasama dengan Unsri untuk membuka Profesi dan tinggal menunggu surat keputusan dari Ditjen saja. Karena di Sumsel sendiri ada sekitar 26 Ribu Insinyur yang belum mendapatkan sertifikasi.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat Unsri tahun ini buka, dalam arti bisa membuka kelas mengeluarkan sertifikasi,"harapnya

Sementara Bastari Yusak menjelaskan bahwa untuk mendapatkan pengakuan sebagai insinyur ditentukan oleh sertifikat baik di Indonesia maupun di luar Negeri. 

"Di Indonesia terdiri dari tiga tingkatan, dan kebetulan prof kita ketua PII sudah ditingkat Utama dan mendapatkan Asean Engineer,"jelas Bastari

Untuk diketahui di Asean namanya The ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO), yang pusatnya terletak di Kuala lumpur.(Fera)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre