Breaking News

Bunda Literasi Muba Susy Beni Ajak Orang Tua Tanamkan Budaya Literasi Sejak Dini


SEKAYU MUBA , Figurnews.com  - Menanamkan budaya membaca buku atau disebut dengan literasi pada anak sejak usia dini dinilai sangat penting dan bermanfaat. Sebab banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan membaca, terutama terkait perkembangan otak anak. Karena orang pintar menyebutkan, membaca tersebut adalah jendela dunia.

“Tidak itu saja dengan tinggi minat membaca, akan meningkatkan informasi dan wawasan ilmu pengetahuan kita kelak. Karena literasi dapat menentukan semua aspek kehidupan, kita juga bisa mengetahui dan mengukur daya saing serta pembangunan indeks SDM yang bisa menentukan tingkat kemiskinan di daerah,"ujar Bunda Literasi Kabupaten Muba Susy Imelda Beni saat membuka Islamic Centre Show sekaligus Peresmian Perpustakaan SDIT An-Nuriyah Sekayu bertempat di Halaman Selasar SDIT An-Nuriyah Sekayu, Selasa  (22/2/2022).


Ketua TP PKK Kabupaten Muba ini juga mengatakan, Hadirnya sekolah IT ini dapat memberikan pendidikan yang berasis islami, sehingga bisa membentuk akhlakul karimah yang baik bagi anak, dan juga pendidikan nilai-nilai Pancasila serta nilai demokrasi bangsa indonesia.

"Tentu Pemkab Muba pasti akan terus mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, karena sangat bermanfaat bagi anak-anak di Kabupaten Muba, karena semua anak berhak punya cita-cita tinggi dan sukses di masa depan. Apalagi dengan diresmikaannya perpustakaan di sekolah ini, diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak-anak sehingga terciptalah penerus bangsa yang berkualitas,"ucap istri Plt Bupati Muba ini.

Sementara itu Ketua Yayasan Islamiv Centre Sekayu, H Yudi Herzandi SH MH menyampaikan terima kasih atas kehadiran langsung Bunda Baca Kabupaten Muba pada acara Islamic Centre Show sekaligus meresmian Perpustakaan SDIT An-Nuriyah Sekayu.

"Tema yang kita ambil pada kegiatan kali ini yaitu, Membentuk Karakter Siswa Pemberani, Mandiri, Berakhlak Islami, Berwawasan Luas dan Berjiwa Entrepreneur yang Jujur,"jelasnya.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Muba ini jug menyebutkan, keberhasilan suatu pendidikan bukanlah hanya karena guru atau tenaga pendidik, tapi kerjasama yang baik antara orang tua, guru dan yayasan maka bisa diciptakan anak yang berpendidikan baik. 

"Disini kami mendidik para anak-anak mulai dari TK untuk wajib melaksanakan ibadah sholat, membaca Al-quran dan hafal doa-doa pendek dalam kesehariannya. Kami juga mengajarkan pesera didik untuk wajib menutup aurat sejak dini, para wali murid juga yang ke sekolah wajib menutup aurat. Maka sama halnya juga kamu waibkan anak-anak untuk berada di perpustakaan selama 2 jam, sehingga berawal dari paksaan nantinya akan jadi kebiasaan untuk membaca buku dan menumbuhkan budaya literasi,"ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Bunda Baca Kabupaten Muba Susy Imelda Beni didampingi Ketua Yayasan Islami Centre Sekayu, Kepala OPD serta pengurus TP PKK Kabupaten Muba meninjau langsung lokasi bazar yang dilaksanakan oleh peserta didik tingkat SD dan SMP IT An-Nuriyah Sekayu dengan menjual berbagai jajanan kuliner. Selain itu juga sebelum dimulainya acara, ditampilkan juga beberapa kreasi seni nyanyian islami oleh siswa-siswi TK, SD dan SMP IT An-Nuriyah. 

Turut hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba, Sunaryo SSTP MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Muba Dewi Kartika SE MSi dan perwakilan dari beberapa OPD lainnya serta Pengurus TP PKK Kabupaten Muba.(ril/Dr)

Editor posting   : DARMANTO

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre