Breaking News

Upaya Deteksi Dini dan Wujudkan Zero Halinar di Lapas Kelas III Talu Razia Rutin Kamar Hunian

 


Pasaman Barat, Figurnews.com

Wujudkan Zero Halinar (handphone, pungutan liar, dan narkoba) di Lapas Kelas III Talu, Sumatera Barat, Kalapas Talu Donni Isa Dermawan bersama anggota menggelar razia rutin pada kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Minggu (9/1/2022)

Mengawali kegiatan, Kalapas gelar apel personil untuk memberikan arahan dan petunjuk dalam melakukan kegiatan.

Menurut Kalapas, bahwa kegiatan tersebut sebagai komitmen dan keseriusan Lapas Talu dalam mewujudkan zero halinar dan deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban.

"Razia rutin ini sebagai upaya deteksi dini agar terciptanya Lapas yang aman dan kondusif serta terhindar dari gangguan keamanan dan ketertiban, " kata Ka.Lapas Donni Isa Dermawan melalui Kasubsi Kamtib M. Faizal Martha.

Adapun langkah-langkah yang di ambil, kata dia, seluruh penghuni di dalam kamar masing-masing dikeluarkan dari ruangan, lalu penggeledahan badan setiap penghuni kamar. Setelah selesai penggeledahan badan dilanjutkan dengan penggeledahan kamar hunian disaksikan oleh salah satu penghuni kamar.

“Barang hasil Razia Rutin di data dan diamankan sementara waktu di ruangan Kasubsi Kamtib, sebelum pemusnahan dengan cara di bakar," katanya.

Setiap razia terdapat beberapa barang terlarang yang tidak boleh dimiliki oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang harus dimusnahkan agar WBP tidak beranggapan bahwa barang yang disita oleh petugas saat razia digunakan kembali oleh WBP.

Ia juga menambahkan, seluruh petugas Lapas untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan lebih teliti lagi, supaya tidak lagi beredar barang terlarang di dalam Lapas.

“Saya harapkan petugas bisa lebih meningkatkan kewaspadaan dan ketelitian dalam bertugas terutama terhadap barang-barang titipan bagi penghuni Lapas, Kita komitmen Zero Halinar," pungkasnya.

(Dodi Ifanda)


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre