Breaking News

Tahun 2022 DPRD Sumbar Anggarkan Pembangunan Jalan Simpang Ampek - Panti

 


Pasaman Barat,Figurnews.com-- Sudah lama dikeluhkan warga yang melintasi jalan lintas Simpang Empat Panti karena kerusakan badan jalan, mulai kerusakan ringan hingga jalan berlobang, Akhirnya  dianggarkan juga pembangunannya.

Kabar baik bagi masyarakat Kabupaten Pasaman, dan Kabupaten Pasaman Barag terkhusus bagi daerah terisolir. Pasalnya, belasan milyar dana akan digelontorkan oleh pemerintah untuk pembangunan infrastruktur jalan tahun 2022 ini. 

Hal itu dibenarkan oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Fraksi Gerindra, Khairuddin Simanjuntak. Ia mengatakan, tahun 2022, Pemprov Sumatera Barat menganggarkan belasan miliar dana untuk pembangunan ruas jalan Tapus - Muaro Seilolo-Gelugur dan jalan Simpang Empat Panti. 

"Alhamdulillah, TAPD Pemprov Sumbar dan Banggar DPRD telah menyetujui anggaran untuk pembangunan ruas jalan itu. Sumber dananya, DAK dan APBD," ujar Juntak, Selasa (11/1/2022).

Dikatakan, bahwa terwujudnya anggaran pembangunan kedua ruas jalan itu buah dari perdebatan yang panjang dan alot antara tim Badan Anggaran (Banggar) DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) pada rapat pembahasan anggaran. 

"Ini buah dari perdebatan yang keras, panjang dan alot disaat pembahasan anggaran. Awalnya, pembangunan dua ruas jalan itu tidak dianggarkan lewat APBD, dan hanya mengandalkan DAK saja. Sehingga tidak cukup," kata anggota Banggar DPRD ini. 

Juntak mengaku bersyukur pembangunan kedua ruas jalan itu akhirnya terealisasi. Ia pun mengapresiasi semua pihak yang telah menyetujui dan mendukung pembangunan ruas yang telah lama didambakan oleh masyarakat di daerah pemilihannya. 

"Dana untuk pembangunan ruas jalan Tapus - Muaro Seilolo-Gelugur sebesar Rp8,6 Miliar. Untuk, jalan Panti - Simpang Ampek sekitar Rp9,8 Miliar. Ucapan terimakasih kepada pak Gubernur Sumbar, Mahyeldi, tim TAPD dan para anggota dewan, yang telah setuju dan mendukung," imbuhnya. 

Juntak berharap, pembangunan kedua ruas jalan itu segera direalisasikan. Kepada masyarakat, ia berpesan agar pembangunan jalan itu dikawal dan diawasi sehingga tidak merugikan negara. 

"Harapannya, kepada Dinas DPUPR, segera mengeksekusi pengerjaan jalan itu. Kepada masyarakat, saya berpesan, pembangunan jalan itu dikawal dan diawasi," tegasnya.

"Mudah-mudahan, program ini berlanjut, Covid-19 melandai supaya tidak ada lagi refocusing anggaran," ucapnya. 

Sementara ditempat terpisah, Tokoh Muda Pasbar Rommy Candra apresiasi seluruh anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat yang mendukung menganggarkan pembangunan ruas jalan Simpang Ampek Panti.

"Ruas jalan penghubung dua kabupaten itu sudah mendesak untuk diperbaiki, Jalannya sempit karena sisi kiri kanan jurang dan tebing beresiko kecelakaan, apalagi tanpa lampu penerangan jalan umum, ini sangat urgensi". sebut Rommy Candra di Simpang Ampek.

"Terima kasih atas perhatian Bapak Gubernur Sumbar Mahyeldi serta perjuangan dari perwakilan Kita bang Juntak Anggota Banggar di DPRD provinsi yang sudah memperjuangkan anggaran jalan Simpang Empat Panti sebanyak 9,8 milyar dan saya harap pemda kabupaten Pasbar juga berjuang untuk mencari tambahan anggaran ke Pusat," harapnya.

"Bagaimana jalan-jalan di daerah Kita masih banyak yang harus diperhatikan, Khususnya untuk kota Simpang Empat saja jalan-jalan alternatif masih banyak yang rusak dan belum ada untuk pembenahan" 

"Kita juga desak Pemda Pasbar segerakan pembangunan jalan jalur dua Simpang Empat yang sudah direncanakan dan sudah dilaksanakan pengukurannya langsung oleh kepala daerah sendiri. Mari kita menyingsing lengan untuk kemajuan Bumi Pasbar yang makin dewasa di usia 18 tahun ini" katanya.

"Ikuti aturan laksanakan koordinasi dengan semua pemangku yang ada. Saya yakin bisa berjalan sesuai rencana," tutupnya.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre