Breaking News

Refleksi Kinerja Tahun 2021 dan Pemaparan Program Kerja Tahun 2022 Pengadilan Negeri Pasaman Barat


Pasaman Barat - Pengadilan Negeri (PN) Pasaman Barat (Pasbar) terus berupaya menciptakan serta meningkatkan berbagai fasilitas dan inovasi untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat pengguna layanan ataupun masyarakat pencari keadilan.

Hasilnya selama kurun tahun 2021 Pengadilan Negeri Pasbar berhasil mendapatkan berbagai penghargaan baik dari internal maupun eksternal Mahkamah Agung.

Penghargaan yang didapatkan Pengadilan Negeri Pasbar  tersebut di antaranya adalah apresiasi atas inovasi , Akreditasi Penjaminan Mutu dengan nilai A (excellent) dari Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum.

"Ditahun 2021 Pengadilan Negeri Pasaman Barat masih mempertahankan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ." ungkap Bayu Soho Rahardjo,SH Ketua Pengadilan Negeri Pasbar, kepada awak media di acara Refleksi Kinerja  Tahun 2021 dan pemaparan program kerja tahun 2022 di PN Pasbar Simpang Empat, Jumat (7/1/2022).


Lebih lanjut, dikatakan bahwa Pengadilan Negeri sebagai suatu instansi publik tentunya memiliki tugas pokok, memutus dan menyelesaikan perkara pidana dan perkara perdata di tingkat pertama serta berbagai layanan hukum lain, meningkatkan layanan untuk terus meningkatkan layanan kepada masyarakat pengguna atau masyarakat pencari keadilan.

Ketua Pengadilan Negeri Pasaman Barat  juga mengungkapkan apresiasi yang didapatkan ini merupakan capaian dari seluruh kinerja Aparatur Pengadilan Negeri Pasbar.

Selain Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Kemenpan RB menjadi sangat bermakna karena berdasarkan penilaian dari lembaga di luar Mahkamah Agung.

Dikatakannya, pada tahun 2021 Pengadilan Negeri Pasbar juga berhasil mendapatkan penghargaan akreditasi A Excellent 

Seluruh pencapaian ini, Kata Bayu merupakan pencapaian atas kinerja nyata dari seluruh keluarga besar Pengadilan Negeri Pasbar.

“Meski berada di suatuasi pandemi, melaluinya Inovasi kami selalu menanamkan pola pikir bahwa suatu instansi harus terus meningkatkan kinerja berbasis pelayanan kepada masyarakat, capaian ini merupakan hasil dari komitmen kami dalam rangka meningkatkan pelayanan serta menciptakan wilayah kerja yang bersih.” terang Ketua PN Pasbar ini.

Disamping apresiasi yang diterima tersebut Pengadilan Negeri Pasbar juga terus berupaya untuk melakukan percepatan dalam penyelesaian perkara.

Selain peningkatan fasilitas dan inovasi tersebut, kami juga terus berupaya untuk menyelesaikan perkara yang masuk dengan akselerasi tinggi tentu dengan menjaga kualitas.



"Pada tahun lalu, perkara perdata yang menarik perhatian yaitu perkara tanah antara perusahaan dengan masyarakat, ini perlu jadi atensi pemerintah daerah Pasbar. 


Pengadilan negeri tentunya tetap proses memeriksa dan mengadili semua perkara yang di ajukan termasuk perkara Pedata.


"Sementara perkara pidana yang menarik perhatian, perlindungan anak dan Narkoba," jelas Ketia PN Pasbar.

"Ini adalah salah satu kinerja nyata kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan disamping berbagai upaya lain yang telah kami lakukan."ungkap Bayu.

Ketua Pengadilan Negeri Pasbar juga telah menetapkan berbagai rencana strategi untuk tahun 2022.


“Menghadapi tahun 2022 yang akan datang, kami juga telah menyusun berbagai rencana program kerja. Harapannya rencana strategi yang telah ditetapkan bersama dengan seluruh Aparatur ini dapat meningkatan kinerja serta pelayanan Pengadilan."

Kita bersinergi dengan berbagai instansi untuk menciptakan dan inovasi guna memudahkan masyarakat.

Rencana strategi yang telah ditetapkan bersama dengan seluruh Aparatur Pengadilan Negeri Pasbar ini tentunya tidak dapat kami jalankan sendiri.

"Kami memerlukan dukungan dan doa dari masyarakat serta mitra wartawan media masa  sebagai bentuk keterbukaan informasi dan dukungan berbagai instansi untuk dapat terus meningkatkan kinerja dan pelayanan yang prima." tutup Bayu.


(Dodi Ifanda)


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre