Breaking News

Lounching Buku dan Pra Deklarasi Komunitas Warga Desa : Menangkan Perjuangan Warga Desa Untuk Indonesia

Jakarta - Figurnews.com - Komunitas Wargadesa adalah wadah perjuangan wargadesa untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik & membanggakan. Kebanggaan hari ini menjadi komoditas langka. Desa yang dulu menghadirkan kebanggaanpun kini nyaris sirna. Bahkan wargadesa menjadi terasing di desanya sendiri.

Keseluruhan ini merupakan warisan persoalan lampau oleh sistem tatakelola sumberdaya alam yang abai keadilan terhadap keberadaan wargadesa. Kini berbagai kekayaan alam tersebut telah dikuasai / dimiliki oleh oligarki & tragisnya difasilitasi oleh elit (birokrasi) yang dulu dipercayai & didukungnya.

Kekurang kebijaksanaan tatakelola sumberdaya alam ini melahirkan senjangan yang semakin menganga. Diperburuk dengan derap lajunya pembangunan yang mengabaikan aspek-aspek kelestarian, hadirlah macam-macam bencana alam: banjir bandang, tanah longsor & sejenisnya.

Paradigma pembangunan yang mnempatkan desa sebagai obyek semata memperburuk kehidupan wargadesa. Kondisi ini semakin diperparah oleh ulah partai politik yang hanya mengejar suara & suara.

Akhirnya desa hanya dianggap sebagai ladang perburuan suara yang mendatangkan nikmat kekuasaan, mulai dari Kepala Desa, Kepala Dearah (bupati walikota, gubernur) hingga Kepala Pemerintahan / Negara (presiden). hingga legislator & senator. Akibatnya wargadesa kehilangan prakarsa, cenderung pasif & kurang inovatif. Sementara desa menjadi kurang cepat berkembang & relatif statis.

Hadirnya UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa yang semestinya mampu menepis ekses-ekses negatip, ternyata juga tak memiliki pengaruh signifikan. Desa tetaplah menjadi desa yang sebagian warganya nelongso ter-cabik-cabik oleh keterbarasan & kemiskinan. Desa tidak pernah memenangkan dirinya sendiri & desa didesain dengan penuh ketergantungan.

Untuk itu, keberadaan wadah komunitas wargadesa mejadi semakin penting, terlebih dengan adanya digitalisasi. Kesadaran inilah yang melatar belakangi terbentuknya wadah komunitas wargadesa. Karena sesungguhnya Indonesia adalah kumpulan 74.957 desa.

Visi

“desa adalah kita”

Misi

“Mewujudkan tata kehidupan desa yang produktif, inovatif, sejahtera & membangkan”

Program aksi utamanya adalah pemberdayaan wargadesa melalui kegiatan-kegiatan yang dapat memperluas peluang usaha & menciptakan kesempatan kerja.

Kepengurusan tengah disusun & dimatangkan. Untuk sementara Ketua Umum & Sekjen masing-masing dijabat oleh Samsul Hadi & Kunto Hermansaputro.

(DP)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre