Breaking News

Ketua Gapoktan Kampung Mekar Sari di Duga Jual Hentraktor Bantuan Ke Kelompok Tani


Tulang Bawang(Lampung), Figurnews.com -- P
ada akhir  tahun 2021 Kampung Mekar Asri Tulang Bawang Provensi Lampung mendapatkan bantuan alat dan mesin petani (Alsintan) dari Kementrian melalui aspirasi yang di fasilitasi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Anggota DPR RI yang juga mantan Bupati Kabupaten Tulang Bawang Ir.Hanan  A Rozak M,S masa bakti tahun 2012 - 2017, yang bertujuan untuk mensejahterakan semua para petani khususnya yang berada di Kabupaten Tulang Bawang .

Gapoktan Kampung Mekar Sari SRY, mendapat kan tiga (3) yunit mesin pembajak lahan sawah (Handtraktor ) agar dapat meringankan beban para petani dan hasil panen padi dapat memuaskan.

Namun tujuan baik itu, terkadang kala membuat warga setempat kecewa, karena ulah Oknum Gapoktan itu sendiri. Pasal nya hasil inpistigasi  tim awak media  Rabu 12/01/2022 di kampung Mekar Sari.

Sebagian warga setempat  yang namanya enggan di sebut memaparkan," iya pak berbagai macam bantuan dari  Pemerintah memang banyak yang masuk ke kampung ini,  tetapi itu apakah dari dana  desa atau dari dana Gapoktan, kami kurang paham."

"Yang kami tau dari Pemerintah untuk Gapoktan di tahun 2019 ada bantuan benih jagung, itu pun hanya satu mobil truc dan salah kirim bukan untuk kampung ini."imbuhnya.

"Dan di tahun 2021 September ada bantuan tiga (3) unit Hentraktor Alias bajak Edet mesin Yanmar, kalau gk salah itu program pak Hanan," kata beberapa warga.

Tetapi yang kami  ketahui tiga unit Hentraktor ( Bajak Edet mesin Yanmar) itu, di lelang oleh kan  ketua Gapoktan SRY, kepada   ketua ketua kelompok dengan di buka harga Rp 5000.000., tetapi ketua ketua kelompok hanya berani Rp 4500.000, urai nya lagi.

"Untuk memastikan, tim media mendatangi ketua kelompok Tani Maju (mas Pery)  yang membeli nya,"terangnya lagi.

Dikediamannya dan dia menyampaikan, Gapoktan Kampung Mekar Asri berkisar 7 kelompok Tani salah satunya kelompok Tani Maju ketuanya adalah saya .

Terkait dengan bajak Hentraktor atau yang di sebut Edet itu memang kami bayar  langsung kepada ketua  pak SRY Tampa ada kuwetangsi , tetapi bukan Rp 4500.000 Melain kan hanya Rp 3800.000 per Unit.

Yang satu Unit nya ke pak Wondo dan yang satu nya lagi mungkin ke pak lurah atau mungkin masih di rumah SRY ," cetus nya

Di tempat terpisah, tim media mendatangi Kepala kampung Mekar Sari, Sutarman, menyikapi hal itu Sutarman membenarkan ada nya bantuan 3 unit Hentraktor program dari pak Hanan.

"Tetapi saya sebagai kepala kampung , tidak tau hal yang di sampai kan mas Pery kepada tim media , soal juwal beli atau pun sistim lelang Hentraktor itu, karena pada waktu rapat Gapoktan saya tidak di undang oleh SRY, Namun yang saya tau hanya untuk pembayaran  pengambilan Hentraktor di Kabupaten."paparnya.

Itu pun berangkat pertama mengecek Barang nya, ke Kabupaten pakai mobil saya dan uang transpor nya, baik pengecekan barang atau pun pengambilan itu,  ketua Gapoktan nya memakai uang saya berkisar Rp 10.680.000

Total uang itu sudah termasuk pinjaman pribadi Ketua Gapoktan SRY  Rp 5000.000, kepada saya. Terkait dengan Hentraktor atau yang di sebut Bajak  Edet  Yanmar

Memang yang  satu unit saya minta untuk ketua ke lompok tani wilayah kami, dan terkait penyelesaian Adminitrasinya sudah motong uang saya yang di pakai ketua Gapoktan Rp 3500.000. kalau soal yang lainya saya tidak tau menahu, itu urusan SRY.

Sedang kan saya sebagai kepala Kampung, saja terkadang susah menghubungi dan menemui nya," cetur nya (tab)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre