Breaking News

Hadiri HUT BPP Pelawan ke XII, Bupati Cek Endra Serahkan Piagam Penghargaan dan Motivasi Penyuluh Pertanian


Sarolangun (JAMBI), Figurnews.com- Bupati Cek Endra menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Pelawan ke XII dan menyerahkan piagam penghargaan BPP terbaik I se Provinsi Jambi yang berhasil diperoleh BPP Pelawan, Rabu (12/1) di kantor BPP Pelawan, Desa Sungai Merah Kecamatan Pelawan. 

Pada kesempatan ini Bupati Cek Endra mengapresiasi BPP Pelawan dan menyerahkan piagam penghargaan BPP terbaik I se Provinsi Jambi kepada Yurnalis Korwil BPP Pelawan. 

Bupati Cek Endra memberikan motivasi kepada para penyuluh pertanian agar ke depannya BPP lebih meningkatkan kinerja dalam membina masyarakat dan kelompok tani untuk kemajuan pertanian dan berprestasi lebih baik. 

"Tentu kita bersyukur ada perhatian pemerintah Provinsi Jambi terrhadap kegiatan BPP Pelawan, Kita minta ke depannya lebih ditingkatkan lagi," kata Bupati Cek Endra. 

Di tengah tingginya harga komoditi Jambi, khususnya karet dan sawit, Bupati Cek Endra meminta BPP jeli dan memanfaatkan peluang lain dalam budi daya komoditas pertanian, seperti budi daya tanaman Porang, Kayu Sengon, Pulai dan Jabon. 

"Saat ini harga komoditas Jambi sangat luar biasa tinggi, BPP harus jeli memilih komoditi, sekarang  masyarakat Dunia mencari Porang, berapa pun jumlahnya," ungkap Bupati Cek Endra. 

Bupati menyebut bahwa masyarakat Jambi dan khususnya Sarolangun tidak bisa tergantung pada sawit dan karet, karena bila hanya mengandalkan dua komoditi itu, ekonomi Jambi sangat rentan dipengaruhi Dunia.

Namun, untuk memanfaatkan peluang ini, BPP tentu harus didukung oleh anggaran dan sarana prasarana pendukung, ini membutuhkan perhatian serius dari pemerintah. 

"Ke depan, APBD Jambi harus berpihak pada penyuluh, agar penyuluh bisa memberikan penyuluhan kepada masyarakat," ucap Bupati. 

Selanjutnya, bak seorang motivator kondang, Bupati Cek Endra terus memotivasi penyuluh bagaimana pentingnya akses internet, karena dengan teknologi, akan mudah mengakses informasi dan mengetahui bagaimana masyarakat daerah lain memanfaatkan peluang dengan menggunakan teknologi. 

"Di jawa orang sanggup menyewa lahan untuk menanam Sengon, sewanya per hektar setahun dapat beli tanah satu hektar di Sarolangun, tapi mereka yakin dan sukses," terang Bupati. 

Bupati juga menyebut peluang lain, lebah madu dan rumah walet yang harganya tinggi saat ini. 

"Saya minta bukan komoditi pertanian saja, ada lagi usaha ternak lebah madu dan rumah walet,  peluang ini lah yang kita tangkap, penyuluh harus inovatif. 

Ketika harga komoditas kita harganya rendah, kita wajib berubah. Ayo BPP berpikir maju, tidak tradisonal lagi," imbau Bupati Cek Endra. 

Pemimpin Sarolangun tiga periode ini berharap agar BPP bukan untuk komoditi tradisional saja ,tetapi harus mengikuti kemajuan. 

"Sektor pertanian harus kita gerakkan ke depan. Ayo kita mulai berpikir bahwa bumi yang diberi Allah ini adalah rejeki buat kita, ayo menanam, kita berpikir untuk produksi meningkatkan ekonomi, bukan hanya untuk cukup makan, saya minta BPP menjadi motor penggerak bagi petani," terang Bupati. 

Motivasi Bupati Cek Endra di depan beberapa kepala OPD dan Kepala Desa ini sampai pada pemanfaatan program P2DK, yang mana program ekonomi kerakyatan Pemkab Sarolangun dalam kepemimpinannya ini sudah berjalan sukses selama delapan tahun. 

"Dana program P2DK jangan untuk membuat jalan rabat beton terus,  belikan bibit pinang, juga kecambah sawit, pikirkan lahan kosong, tanam dengan dana program P2DK," pinta Bupati,  karena baginya masyarakat harus menyikapi biaya hidup yang terus semakin tinggi, semua masyarakat harus berupaya meningkatkan penghasilan menjadi lebih tinggi. 

"Selamat kepada BPP Pelawan, di hari ulang tahun ke dua belas ini mendapat nomor satu se Provinsi Jambi," ucap Bupati Cek Endra mengapresiasi. 

Dalam acara apresiasi atas prestasi BPP Pelawan ini, Kepala Dinas (Kadis) TPHP Dedy Hendri mengatakan BPP Pelawan unggul se Provinsi Jambi tahun 2017, seterusnya 2019 dan 2021. Dan di tahun 2021 juga mendapat prestasi penyuluh terbaik III tingkat Provinsi Jambi. 

Dedy Hendri menyebut, di samping pembinaan pada kelompok tani,   BPP Pelawan juga menerima siswa magang. 

"Ke depan kami berharap dapat memberikan pelatihan kepada penyuluh, tahun ini kita terkendala dana karena dampak pandemi covid-19," kata Kadis Dedy Hendri seraya mengatakan tahun depan akan membangun BPP Kecamatan Mandiangin Timur. 

Pada kesempatan ini Kadis mengungkapkan bahwa untuk pengadaan jaringan internet akan meminta partisipasi perusahaan yang ada di Kabupaten Sarolangun.  

"Kami berharap kinerja penyuluh lebih ditingkatkan, agar nantinya terus unggul. Kita telah merencanakan melengkapi sarana prasarana BPP di sepuluh kecamatan secara bertahap," ucap Kadis Dedy Hendri. (AF)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre