Breaking News

Dalam Rangka Bangun Sentra Ekonomi Baru Wako Gelar Temu Teknis


Solok Kota .Figur news .com -

Dalam rangka membangun sentra ekonomi baru dikota Solok, Wakil Walikota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra, SE, MM mengelar temu teknis pengembangan holtikultura dengan Kementrian Pertanian pada Senen (10/01/2022) bertempat di Akmal Room Bappeda Kota Solok.

Temu teknis ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman antara Walikota Solok, Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan CV. Minaqu Indonesia pada 28 Oktober 2021 silam.

Dalam temu teknis tersebut selain dihadiri oleh Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan CEO CV. Minaqu Indonesia juga turut hadir pihak PerBankan yang mewakili akses pada modal kerja, perwakilan kelompok usaha masyarakat dan pihak Pemda Sendiri.

Seperti yang diungkapkan oleh Wawako Ramadhani bahwa, “dalam Sosiologi saya pribadi suka pikirannya Emile Durkheim. Individu menurut Durkheim tak melulu independen bahkan selalu terbentuk oleh struktur yang melingkupinya. Pikiran Durkheim ini yang akan kita gunakan untuk mengulas fakta kemiskinan pada sebagian masyarakat kita.

Kemiskinan bukan sekedar problem individu, justru kebanyakan disebabkan oleh struktur kemiskinan. Katakanlah struktur modal misalnya, warga kita yang miskin tidak punya modal untuk berusaha, tidak punya akses ke Bank. Struktur Pengetahuan misalnya, warga kita tidak punya informasi yang cukup tentang jenis jenis usaha yang layak, tidak memiliki skill, tidak memiliki ilmu pengetahuan, tidak memiliki akses pada pendidikan yang layak atau pelatihan yang memadai.

Struktur teknis misalnya, warga kita tidak memiliki keterampilan menggunakan android dan sebagainya. Kesemua hal tersebut adalah problem struktural. jadi kalau mau mengentaskan kemiskinan secara serius atau menambah income warga masyarakat kita maka solusinya justru adalah intervensi pada level struktur.

Untuk mencoba berikhtiar menembus problem struktural tersebut. Pemda Kota Solok mendatangkan stkaeholder, mulai dari Kementerian Pertanian, Pihak Minaqu yang merupakan Eksportir tanaman dan komoditi memposisikan sebagai hilir, pihak PerBankan yang mewakili akses pada modal kerja, perwakilan kelompok usaha masyarakat dan pihak Pemda Sendiri.

“Dengan adanya pertemuan ini diharapkan akan membangun sinergi berbagai stakeholder di Kota Solok untuk membangun sentra ekonomi baru. Terima kasih ada semua pihak yang berpartisipasi pada kegiatan tersebut,” ungkap Dani. (Ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre