Breaking News

Wujudkan DBM Tepat Sasaran DPMN Gelar Sosialisasi Permendes


Arosuka, Figur news .com -

Guna memiliki kesamaan persepsi dan memiliki kesepahaman yang sama tentang pembentukan Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma), DPMN Kab.Solok melakukan Sosialisasi Permendes PDTT No. 15 tahun 2021 pada Rabu (01/12/2021) bertempat di Aula DPMN Kab Solok Arosuka.

Kepala DPMN yang diwakili Kepala Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Benni Darwata, S.ST menuturkan bahwa, “sosialisasi ini bertujuan agar BKAN, pemerintah nagari, dan UPK serta pihak pihak yang terkait lainnya memiliki kesamaan persepsi dan memiliki kesepahaman yang sama tentang pembentukan Bumdesma sehingga diharapkan Bumdesma di Kab. Solok dapat dibentuk sesuai prosedur dan aturannya”.

Seperti diketahui Dana Bergulir Masyarakat (DBM) eks PNPM MPd merupakan dana bantuan langsung masyarakat PNPM MPd yang disalurkan pada masyarakat untuk kegiatan pinjaman bergulir sesuai dengan aturan dan mekanismenya yang dikelola oleh UPK di tingkat Kecamatan, sesuai dengan Permendes PDTT No. 15 tahun 2021.

Pengelola kegiatan/UPK DBM Eks PNPM MPd harus sudah dibentuk menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) yang memiliki Badan Hukum dan terdaftar di Kementrian. Pembentukan Bumdesma ini Memiliki beberapa tahapan yaitu tahapan persiapan dan tahapan pelaksanaan kegiatan.

Dalam sosialisasi tersebut juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas DPMN yang diwakili oleh Sekdis DPMN, Kabid, TA P3MD, BKAN se Kab Solok dan UPK se Kab.Solok.(ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre