Breaking News

Wawako Hadiri Peringatan HDI 2021


 Solok Kota ,Figur news .com -

Tahun ini peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2021 yang mengusung tema, “Kepemimpinan Dan Pertisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia Yang Inkusif, Aksesibel Dan Berkelanjutan Pasca Covid-19”, pada Jum’at (03/12/2021) bertempat di Aula Tuah Sakato SMK N 1 Kota Solok

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, Anggota DPRD Prov. Sumbar Irzal Ilyas Dt. Lawik Basa, Walikota Solok H. Zul Elfian Umar, SH, M.Si, Dandim Kota Solok yang diwakil oleh Kasdim Mayor Inf. Hendra Bagus Arioko, Ketua KNPI Sumbar & Ketua AMK Sumbar Nanda Satria Dan Forkompinda Prov.Sumbar.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional dilakukan untuk mempromosikan hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas di semua bidang masyarakat. Hari Disabilitas Internasional diproklamirkan pada tahun 1992 oleh Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Adapun proklamasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah yang dihadapi penyandang disabilitas dalam setiap aspek kehidupan baik politik, sosial, ekonomi dan budaya Dalam Peringatan Hari Disabilitas 2021 ini Sekjen PBB menyampaikan bahwa mewujudkan hak, hak pilihan dan kepemimpinan penyandang disabilitas akan memajukan masa depan bersama.

Seperti yang diungkapkan Wako Zul Elfian bahwa, “Penyandang disabilitas juga dibutuhkan untuk ikut serta dalam mencapai keberlanjutan tujuan pembangunan. Adanya Covid-19 membuat lebih dari satu miliar orang di dunia menemui hambatan dan ketidaksetaraan, utamanya bagi penyandang disabilitas”.

Karena itulah respon pemulihan pandemi yang inklusif disabilitas juga harus dipandu oleh orang-orang disabilitas itu sendiri, guna mengatasi ketidakadilan dan diskriminasi, memperluas akses ke teknologi dan memperkuat institusi untuk menciptakan dunia pasca Covid-19 yang lebih inklusif, mudah diakses dan berkelanjutan.

“Di Hari Penyandang Disabilitas Internasional ini, marilah kita berkomitmen untuk membangun inklusif dan masa depan yang adil bagi semua orang, tanpa meninggalkan siapa pun,” ajak Wako. (Ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre