Breaking News

Tragedi yang Tragis Pilkades Ulang TPS I Desa Pohan Julu Kecamatan Siborong Borong Taput

 


Siborong-borong (Taput), Figurnews.com- Pada tanggal 15 desember 2021 Desa Pohan Julu Kecamatan Siborong Borong melakukan Pemilihan kepala desa ulang (Pilkades Ulang) sebagai tindak lanjut pilkades serentak tanggal 23 November 2021. Karena hasil pilkades 23 november 2021 tersebut membawa kedua paslon drow atau imbang 557 vs 557. Maka di lakukan pilkades Ulang pada hari rabu 15-12-2021 sebagai amanah dari UU. 

Hasil nya adalah terjadi TRAGEDI DEMOKRASI di TPS I. 

Penjelasan sebagai berikut : 

DPT : 487 SUARA SAH : 393,Calon Demak Simangunsong : 197,Calon Bantu Simanjuntak : 196,Suara tidak sah : 0 ,Suara sah + tidak sah  = 393,Pemilih yang Hadir : 393,Pemilih yang tidak hadir: 143

Pemilih yang hadir dalam DPT ditambah pemilih yang tidak hadir dalam DPT HARUS SAMA DENGAN JUMLAH DPT 

FAKTANYA DPT : 487 

SEDANGKAN JUMLAH PEMILIH YANG HADIR DITAMBAH PEMILIH YANG TIDAK HADIR : 536,HARUSNYA : 487

Bandingkan saat pilkades 23/11/2021

DPT : 487,Suara sah : 380,Calon Demak Simangunsong : 183,Calon Bantu Simanjuntak : 197,Suara tidak sah : 1,Suara sah + suara tidak sah 381

Pemilih yang tidak hadir 106,Pemilih yang hadir 381 

Jumlah pemilih yang hadir + pemilih yang tidak hadir : 381 + 106 = 487 

Sama dengan jumlah DPT = 487

PERTANYAANNYA SETELAH PILKADES ULANG JUMLAH DPT TETAP 487 

PEMILIH TIDAK HADIR  BERTAMBAH 37 dari 106 MENJADI 143 TETAPI SUARA SAH JUGA BERTAMBAH 12 Dari 381 menjadi 393

Harus nya kalau pemilih tidak hadir bertambah makan pemilih yang hadir harus berkurang atau sebaliknya.

Kesimpulan nya 

1.Ada Suara Yang Tambah dan tidak di ketahui asal usul nya Sebanyak 49 SUARA

2. Ada calon yang dirugikan

3. Masyarakat dirugikan

Saran KEPADA  PPKD Tingkat kabupaten dan penegak Hukum

1. Menolak Hasil pilkades yang curang dan merusak azas Demokrasi

2. Laporkan, tangkap dan penjarakan Kemudian pada hari Selasa 21 Desember 2021 Tim Fasilitasi Penyelesaian Perselisihan Permasalahan Pemilihan Kepala Desa Pohan Julu Tingkat Kecamatan bertempat diKantor Camat Siborong-borong untuk menindaklanjuti Keberatan dari Bantu Simanjuntak Calon Nomor urut 02 yang dimulai pada pukul 10.00-selesai dan dihadiri oleh Camat Siborong-borong,Sekretaris Camat Siborong-borong,Kapolsek Siborong-borong,Danramil Siborong-borong,dan Perwakilan Kajari Tapanuli Utara yang dimana pada rapat tersebut para pihak menyampaikan hal-hal tentang pelanggaran serta keberatan yang terjadi pada pemilihan ulang tanggal 15 Desember 2021,Dimana Bantu Simanjuntak calon Nomor Urut 02 merasa dirugikan dengan perbuatan oleh PPKD Desa Pohan Julu yang dimana Jumlah kertas suara berbeda dengan jumlah DPT jika peserta hadir ditambahkan dengan peserta yang tidak hadir serta Ditambahkannya Satu Orang Didalam DPT atas Nama Jonris Situmorang dengan Tulisan tangan Setelah DPT Ditetapkan dan ditandatangani.inilah point yang paling fatal  yang dilakukan oleh PPKD Desa Pohan Julu.


Adapun permintaan dari Bantu Simanjuntak calon nomor urut 02,yaitu untuk meminta kepada pihak Tim Fasilitasi Kecamatan agar membuka Kotak Suara pada pemilihan per

tama tanggal 23 November 2021,alasannya kecurangan tersebut berangkat dari pemilihan pertama dan sampai berimbas ke pemilihan ulang.

dan Bantu simanjuntak mengatakan didepan pihak Tim Fasilitasi Kecamatan jika hasilnya draw saya siap untuk kalah dari calon urut 1 itu menandakan saya siap dalam pesta demokrasi ini.

tetapi para pihak tim fasilitasi kecamatan tidak mau membuka dan langsung menutup rapat dengan kesimpulan kertas plano akan dirubah karena adanya kelalaian dari pihak PPKD desa Pohan Julu.

Atas kesimpulan itu,Bantu simanjuntak tidak mau untuk menandatangani jika kertas Plano tersebut dirubah dan Ketua BPD marisi simanjuntak juga tidak mau untuk menandatangani kertas Plano dan berita acara dirubah. (B.S)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre