Breaking News

Terkait Perubahan Kebijakan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Gelar Sosialisasi


Arosuka, Figur news ,Com -

Terkait adanya perubahan kebijakan tentang administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kab. Solok mengelar sosialisasi, pada Kamis (02/12/2021) bertempat di ruang Solok Nan Indah.

Sekretaris Disdukcapil Tistuti Kamal menyampaikan bahwa, “Sosialisasi ini dilakukan guna mempercepat dan meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan di Kabupaten Solok. Kegiatan ini dilaksanakan dengan target tersedianya forum bersama, yang nantinya bisa menjadi media dalam menyampaikan berbagai perubahan kebijakan administrasi kependudukan kepada masyarakat luas.

Sementara itu Bupati Solok yang diwakili oleh Staf Ahli Muliadi Marcos saat membuka sosialisasi mengatakan bahwa, “sosialisasi yang dilaksanakan oleh Disdukcapil sangatlah penting. Mengingat transformasi data kependudukan dari konvensional lambat laun berubah menjadi data kependudukan dan dokumen digital. Perubahan data tersebut pada akhirnya juga mendorong terciptanya transformasi tata kelola pemerintahan melalui pendekatan teknologi dan digital government berbasis kependudukan.

Saat ini Kabupaten Solok telah mulai membenahi administrasi kependudukan dengan menyediakan layanan online. Selain itu juga sudah menerapkan tandatangan elektronik, menjalin kerjasama pemanfaatan data dengan menggunakan hak akses dengan instansi pengguna. “Kami mendorong kepada seluruh instansi khususnya dalam hal pelayanan publik, agar melakukan kerjasama dengan Disdukcapil dalam hal pemanfaatan data, terutama untuk proses verifikasi dan validasi data kependudukan” ucapnya.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan kedepannya tidak ada lagi keluhan masyarakat tentang data yang tidak akurat/update terutama menyangkut Pemilu, pelayanan publik di perbankan, proses BPJS, KUA, maupun terkait pengurusan bantuan sosial lainnya. “Mari secara bersama-sama mensukseskan program-program terkait satu data nasional, serta membangun data kependudukan Kabupaten Solok yang berkualitas dan akurat,” himbaunya.

Dalam kegiatan sosialisasi ini juga turut dihadiri oleh beberapa stakeholder terkait seperti Kemenag, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, BPJS Kesehatan, KUA, BAZ, Perwakilan Bank, RSUD, Puskesmas, Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Solok.(ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre