Breaking News

Selesai Dibangun, Masyarakat Kampung Baru Nan Balimo Kota Solok Miliki Mushalla Baru


  Solok Kota , Figur news .com -

Pembangunan Mushalla Al Munawarah yang berlokasi di RT.03/RW.02 Kampung Baru Kelurahan Nan Balimo telah selesai dan telah dilaksanakan penyerahan kunci Mushalla yang dilakukan oleh Kepala Dinas Perkim, Jusmardi.S.Pd kepada Ketua Mushalla Al Munawarah, Efriyon Coneng beberapa waktu lalu.(6/12) 

Menambut itu, Efriyon Coneng yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Solok tersebut menjelaskan, Mushalla Al Munawarah merupakan sebuah mushalla yang terbilang cukup lama usianya di Kelurahan Nan Balimo.

Pada awalnya, mushalla didirikan sekitar tahun 1908 di atas tanah kaum datuak Itam, dengan luas tanah 500 M3 yang pada saat itu diberi nama surau jihad.

Seiring berjalannya waktu, membuat kondisi mushalla tersebut perlu dilakukan renovasi dan masyarakat sudah menginginkan dilakukan pemugaran semenjak tahun 1980.

“Alhamdulillah pada tahun 2019 lalu baru bisa mengusulkan pembangunan mushalla Al Munawarah dengan pagu dana 2 Milyar rupiah dan dengan bertepatan masuknya wabah pandemi covid-19 maka realisasi pembangunan baru bisa terlaksana pada tahun 2021 ini,”kata Efriyon Coneng.

Sebagai Anggota DPRD Kota Solok dan wakil dari masyarakat Kecamatan Tanjung Harapan, pihaknya baru bisa mengusulkan sebanyak Tiga buah tempat ibadah diantaranya, Mushalla Al Munawarah, Masjid Nurut Sakinah dan Masjid SMPN 2 Kota Solok.

Untuk usulan renovasi Masjid Al Fitrah di jalan Syech Kukut, belum dapat di realisasikan karena adanya persoalan administrasi yang belum lengkap

“ Insya Allah untuk tahun 2023 akan kita usulkan kembali pembangunan masjid tersebut, diantaranya Masjid Al Fitrah dan Masjid Syura di Kelurahan Pasar Pandan Air Mati,”ujar Politisi Partai Amanat Nasional Kota Solok. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim, Jusmardi,S.Pd menyampaikan, Pembangunan Masjid Al Munawarah ini dilaksanakan oleh CV.Mutiara Indah merupakan Program kegiatan dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Solok Tahun Anggaran 2021 yang tahap pembangunannya dimulai dari Bulan Mei 2021 dan baru selesai pada Bulan Oktober 2021.

"Semoga dengan adanya tempat ibadah baru ini, nantinya dapat dimanfaatkan dan dipergunakan oleh seluruh masyarakat untuk beribadah dengan sebaik-baiknya," pinta Jusmardi.(ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre