Breaking News

Risnawanto Ketua Kwarcab 0317 Pasaman Barat: Dengan Kepanduan Generasi Semakin Cinta Tanah Air



SUMBAR, FIGURNEWS.COM - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 0317 Pasaman Barat, Risnawanto menyebutkan peran anggota Pramuka di daerah itu dalam membangun dan menguatkan semangat kebangsaan sangat berperan aktif Cinta Tanah Air.

Hal itu disebutkannya saat membuka acara secara resmi kegiatan api unggun Perkemahan Wirakarya Cabang (PWC) ke-1 tahun 2021 di Muaro Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie. Kegiatan itu dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai pada 19 sampai 21 Desember 2021.

"Kegiatan perkemahan kepanduan ini merupakan wadah mewujudkan peran anggota pramuka dalam membangun dan menguatkan semangat kebangsaan, sebagaimana dasa darma Cinta Tanah Air" sebut Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) 0317 Pasaman Barat itu.

Menurutnya Perkemahan Wirakarya Cabang merupakan pertemuan pramuka penegak dan pandega berbentuk perkemahan besar serta ikut dalam kegiatan pembangunan dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam kegiatan itu berbagai kegiatan pengabdian sengaja dibentuk oleh panitia perkemahan seperti membuka gerai vaksinasi COVID-19, Maghrib mengaji dan gotong royong.

"Kegiatan ini sangat sesuai dengan visi misi kita dalam membangun Pasaman Barat. Tentunya dengan kegiatan ini diharapkan dapat memupuk percaya diri, semangat pantang menyerah dan kompak sesama anggota pramuka," harapnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada pihak yang mendukung perkembangan dan kemajuan gerakan pramuka di Pasaman Barat. Kemudian merasa bangga kepada anggota pramuka yang aktif dalam kegiatan kepramukaan.


"Saya ucapkan kepada pengurus kwarcab dan kwarran gerakan pramuka, pelatih, pembina, pamong dan instruktur gerakan pramuka se Pasaman Barat," ucapnya.

Sementara itu Waka Bidang Humas dan Informatika Kwarcab 0317, Randy Hendrawan mengatakan pendidikan formal saja tidak akan cukup dalam membentuk watak, kepribadian dan akhlak mulia.

"Semoga adik-adik yang tergabung dalam kepramukaan dapat memupuk percaya diri, semangat pantang menyerah dan kompak sesama anggota pramuka," harap Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Pasaman Barat itu.

"Sebagai informasi  bahwa  tahun 2022 akan kita ikuti jambore tingkat Nasional di Cibubur dan kita akan kirimkan perwakilan dari Kabupaten Pasaman Barat untuk ikut serta dalam kegiatan ke pramukaan tersebut. untuk itu, siapapun yang menjadi perwakilan dari Kabupaten Pasaman Barat harus mempersiapkan diri dari sekarang "  ucap Risnawanto 


Ia pun berharap kepada seluruh peserta maupun pendamping Perkemahan Wirakarya Cabang (PWC) agar secara intens mengadakan kegiatan seperti ini, sehingga bisa melatih kemandirian dan lain sebagainya khususnya di kalangan pelajar karena  dapat meminimalisir hal hal negatif di kalangan generasi muda. 

Di akhir upacara api unggun tersebut Perkemahan Wirakarya Cabang (PWC) tersebut menampilkan  pertunjukan seni sebagai hiburan seperti pertunjukan yel yel dan lainnya dari peserta pramuka.


Untuk diketahui peserta PWC tahun 2021 tersebut merupakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari 11 kwartir ranting se Pasaman Barat yang terdiri dari 8 orang peserta dan 2 orang pembina dan pendamping.


(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre