Breaking News

Permudah Perizinan, Pemkab Kampar Kenalkan OSS RBA Kepada Pelaku Usaha



Bangkinang Kota, Figurnews.com- Untuk penerbitan izin saat ini tak perlu memakan waktu lama dan melalui birokrasi yang banyak, ini setelah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pada Senin 9 Agustus 2021 yang lalu telah meluncurkan Sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA). Sistem OSS RBA merupakan layanan daring penerbitan izin berusaha yang akan memudahkan pengusaha mikro hingga makro. 

Hari ini kita kenalkan Online Single Submission berbasis risiko. Ini merupakan reformasi signifikan dalam perizinan menggunakan layanan perizinan Online yang terintegrasi dan terpadu dengan paradigma perizinan berbasis risiko. 

Ia mengungkapkan bahwa dengan menggunakan Sistem OSS RBA, perizinan berusaha akan disesuaikan dengan tingkat risiko. Hal itulah yang akan membuat iklim kemudahan berusaha di Indonesia semakin lebih baik lagi. 

Demikian dikatakan Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH, MH melalui Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Hambali yang diwakili oleh Sekretaris DPMPTSP Dedy Rohyani pada sosialisasi OSS RBA yang diadakan di Novotel Hotel Pekanbaru, Kamis 09/12 Kemarin. 

Sosialisasi ini di ikuti oleh 40 orang dari kalangan usaha dari Kabupaten kampar, OPD terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup, PU PR, Dinas Perkebunan, Dinas Pertanian, dengan mendatangkan Nara sumber dari dari DPMPTSP Riau Gery Ismanto SH. MH. Dan Rahmat Eldian ST dan Teguh Santoso ST dari DPMPTSP Kabupaten Siak. 

Alhamdulilah, mungkin karena baru digunakan banyak dari peserta yang antusias, Banyak pelaku usaha yang mempertanyakan teknis penggunaan OSS RBA dalam proses penerbitan perizinan usaha" Kata Dedy Rohyani. 

Sementar itu Gery Ismanto SH. MH. dari DPMPTSP Riau menyatakan OSS RBA wajib digunakan oleh Pelaku Usaha, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas (KPBPB). 

Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko melalui Sistem Online Single Submission (OSS) merupakan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja" Kata Gery Ismanto. (Adv/Adi Jondri)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre