Breaking News

Pengelola Bumdes Diharapkan Kreatif dan Inovatif Dalam Menggali dan Mengembangkan Potensi Desa

 


Kampar, Figurnews.com-Ahli Gubri Bidang Pemerintahan Hukum dan SDM berikan motivasi kepada Kades, BPD, Pengawas Bumdes, dan Dirut Bumdes Se – Kecamatan Rumbio Jaya. Yurnalis ajak semua peserta Pelatihan Pengelolaan Dan Tata Kelola Bumdes Se- Kecamatan Rumbio Jaya tersebut untuk bangkit dan maju mengembangkan dan menggali potensi desa untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Pengelola Bumdes Mesti Kreatif dan Inovatif Dalam Menggali dan Mengembangkan Potensi Desa.

Staf Ahli Gubernur Riau (Gubri) Bidang Pemerintahan, Hukum dan SDM, Yurnalis, S.Sos. M.Si saat memberikan materi pada Pelatihan Pengelolaan Dan Tata Kelola Bumdes Se- Kecamatan Rumbio Jaya, (27/12/21) di aula Kantor Camat Rumbio Jaya mengatakan, bahwa Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) merupakan lokomotif penggerak ekonomi di desa. Bumdes merupakan ujung tombak untuk menggali potensi desa guna peningkatan ekonomi masyarakat, ungkap Yurnalis.

Yurnalis juga menyampaikan harapan Gubri untuk menjadikan desa yang enterpreneur (desa yang wirausaha). Gubri juga ingin mewujudkan kawasan perekonomian desa yang inklusif, mandiri dan daya saing. Untuk mendukung desa enterpreneur dan harapan tersebut, Gubri melalui Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi menyalurkan anggaran untuk modal Bumdes. Pada tahun 2019, Bankeu diberikan kepada setiap desa Se Provinsi Riau sebesar Rp. 200.000.000,-. Pada tahun 2020, Bankeu diberikan kepada setiap desa sebesar Rp. 85 juta. Dan  pada tahun  2021, Bankeu diberikan kepada setiap desa Se Provinsi Riau sebesar Rp. 100 juta, ungkap Yurnalis.

Sementara untuk 2022 nanti, nilai Bankeunya diberikan secara berpariasi. Tergantung dari peringkat Bumdes di masing-,masing desa. Berdasarkan Permendes Nomor 3 tahun 2021 tentang Pembinaan dan Pengawasan dan Pengembangan Bumdes, peringkat Bumdes terbagi kepada empat tingkatan, yakni tingkat Dasar, tingkat Tumbuh, tingkat Berkembang, dan tingkat Maju, ungkap Yurnalis.

Pada akhir penyampaian materinya, Yurnalis mengatakan, “Mari kita bangkit dari sekarang. Mari kita Istiqomah dalam mengembangkan Bumdes di desa masing-masing”, ungkap Yurnalis.

Sementara itu, Ketua panitia Pelatihan Pengelolaan Dan Tata Kelola Bumdes Se- Kecamatan Rumbio Jaya, H. Muaslam, SH kepada wartawan mengatakan, bahwa kegiatan pelatihan dilaksanakan selama empat hari (27-30 Desember 2021). Pelatihan terdiri dari dua gelombang. Gelombang 1 diikuti oleh Kades, Ketua BPD, pengawas Bumdes, dan Dirut Bumdes Se Kecamatan Rumbio Jaya. Sementara untuk gelombang ke II yang dilaksanakan pada hari Rabu – Kamis (29-30 Desember 2021), peserta khusus untuk pengelola Bumdes, ungkap Muaslam.

H. Muaslam juga menambahkan, bahwa materi pada pelatihan tahap 1 (satu)  ini terdiri dari tata cara kelola Bumdes, tata cara penyusunan peraturan kepala desa tentang Bumdes, dan tata cara penyusunan rencana pengembangan ekonomi desa, ungkap Muaslam.

Sementara materi untuk pelatihan tahap II (dua) khusus bagi pengelola Bumdes terdiri dari tugas dan fungsi pelaksanaan operasional Bumdes, penyusunan rencana kegiatan dan anggaran Bumdes, pengelolaan dan pelaporan keuangan Bumdes, dan pengembangan kerjasama Bumdes, ungkap Muaslam.

Muaslam juga menyampaikan, bahwa pemateri pada Pelatihan Pengelolaan Dan Tata Kelola Bumdes Se- Kecamatan Rumbio Jaya ini terdiri dari APIP, Praktisi, Akademisi, dan Aparatur Pemerintahan yang memiliki kompetensi pada objek materi, ungkap Muaslam.

Kepada wartawan Muaslam juga menyampaikan, bahwa Pelatihan Pengelolaan Dan Tata Kelola Bumdes Se- Kecamatan Rumbio Jaya diselenggarakan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Pelatihan Pengelolaan Dan Tata Kelola Bumdes Se- Kecamatan Rumbio Jaya dilaksanakan Dalam Rangka Meningkatkan Kapasitas Pemerintah Desa, BPD, Pengelola Bumdes dan Pengawas Bumdes, ungkap Muaslam.

Menurut pantauan wartawan, kegiatan Pelatihan Pengelolaan Dan Tata Kelola Bumdes Se- Kecamatan Rumbio Jaya di buka langsung oleh Camat Rumbio Jaya, H. Ramzi, S. PD.I. M. Si sekitar pukul 09.30 Wib.  Ramzi berharap kepada seluruh peserta untuk serius mengikuti pelatihan dan mengambil seluruh ilmu, pengetahuan dan materi yang disampaikan. Apa yang tidak diketahui dan yang tidak dimengerti, silahkan ditanya langsung kepada pemateri, ungkap Ramzi.

Ramzi juga mengajak seluruh peserta untuk mengembalikan semangat dan motivasi baru untuk membangun desa. Mari kita gali potensi desa melalui peran Bumdes untuk mengembangkan ekonomi masyarakat, ungkap Ramzi. (Adi jondri)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre