Breaking News

Nagari Sumpur Juara IV ADWI 2021

 

Tanah Datar, Figurnews.com - Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 resmi menetapkan Nagari Sumpur Kecamatan Batipuh Selatan sebagai Juara IV untuk 5 Desa Terbaik Kategori Suvenir. Dipilihnya Nagari Sumpur tentu telah melewati berbagai penilaian yang ketat dan cukup lama.

Terpilihnya Nagari Sumpur sebagai Juara IV telah melalui penilaian dan tahapan panjang. Sebelumnya menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno beserta isteri telah melakukan visitasi ke nagari Sumpur Agustus lalu dan melihat secara langsung tentang potensi yang ada di nagari tersebut.

Bupati Eka Putra saat menerima kunjungan tersebut mengatakan, masuknya nagari Sumpur dalam ADWI 2021 menjadi motivasi bagi nagari lain di Tanah Datar. "Dalam meningkatkan dan mengembangkan wisata di nagari, peranan kelompok sadar wisata atau pokdarwis sangat vital, karena kedepan kita harapkan nagari lainnya di Tanah Datar membentuknya juga", kata Bupati Eka Putra.

Pengembangan wisata ucapnya diharapkan sejalan dengan UMKM sehingga juga bisa membantu pengembangan usaha kecil di Tanah Datar agar lebih baik lagi. "Sejalan dengan program ADWI ini, Tanah Datar saat ini mencanangkan program satu nagari satu iven dan tentunya program tersebut juga melibatkan UMKM di nagari, jelas Eka Putra. 

"Melihat potensi di Nagari Sumpur, baik budaya, kuliner ataupun keindahan alamnya, saya optimis  setidaknya bisa masuk kelima besar," harap Bupati Eka Putra saat itu. Dan Alhamdulillah doa tersebut terjawab sudah dengan diraihnya juara IV oleh Nagari Sumpur. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Tanah Datar Abdul Hakim saat itu juga menceritakan, keberhasilan Nagari Sumpur ini telah menyisihkan tiga ratus nagari dan akhirnya mewakili Sumbar dalam ADWI 2021 bersama 3 nagari lainnya di Sumbar. 

"Ada tujuh kategori penilaian antara lain, penerapan CHSE, Desa Digital, Suvenir, daya tarik wisata, konten kreatif, homestay dan toilet, " terang Abdul Hakim.

Di malam puncak ADWI 2021, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nagari Sumpur Zuherman yang langsung menerima piala dan uang senilai Rp15 juta mengatakan, terpilihnya Nagari Sumpur sebagai terbaik IV kategori Suvenir karena Nagari Sumpur mengembangkan suvenir berbentuk kuliner, seperti rendang sumpu, abon sumpu, kue bawang, ikan bilih yg menjadi ikan endemik danau singkarak. Selain kuliner juga ada berbentuk faishon yaitu salendang bajaik sulaman kapalo samek. Suvenir yang ada sudah di kemas lansung oleh UMKM-UMKM yg ada dan bisa lansung dipasarkan ke wisatawan

"Yang menjadi menarik bagi tim juri adalah rasa rendang khas nagari sumpu sangat berbeda dengan daerah lain di Sumatera Barat. Rendang Sumpu memiliki rasa manis yang tipis namun tetap gurih dengan aromanya yang kuat," ucap ketua Pokdarwis Nagari Sumpur Zuherman usai menerima piala tersebut.

Bukan itu saja kata Zuherman, untuk menarik wisatawan yang berkunjung ke Nagarinya tersedia homestay berupa rumah gadang yang siap menampung wisatawan untuk menginap disana.

"Satu lagi yg kami lakukan, kami bisa melibatkan UMKM-UMKM dan ekonomi kreatif yg ada dalam hal menyediakan krya mereka untuk wisatawan di saat kami kedatangan tamu di homestay Rumah Gadang", tuturnya.

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat malam puncak rangkaian kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Selasa (7/12/2021) malam menjelaskan, dari 75 ribu desa di seluruh Indonesia yang mendaftar mengikuti ADWI ada 1.831 desa.

"Melebihi ekspektasi kita. Ini merupakan perjalanan spiritual saya, ini berawal dari sebuah program desa wisata yang awalnya kami tidak terlalu percaya bahwa akan mendapat respon yang luar biasa. Jadi waktu kita memulai targetnya, tadinya 700 kita turunkan 300 supaya tidak mengecewakan. Dan alhamdulillah setelah kita berjuang, menembus ekspektasi, bukan 300 tapi 1.831 desa wisata yang mendaftar," katanya seperti dilansir dari kemenparekraf.go.id.

Menparekraf Sandiaga Uno juga menjelaskan, selama visitasi ke-50 Desa Wisata di Tanah Air, ia mendapat pengalaman yang mengesankan, mulai dari menyelam di Sawandarek, Raja Ampat, Bermalam di Nepal Van Java, Berenang di Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu, hingga mendaki di Wae Rebo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

“Alhamdulillah program visitasi menjadi sebuah perjalanan spiritual, saya sangat terharu di setiap desa, saya diterima dengan begitu hangat, dan di beberapa desa saya tidur dan menginap di rumah masyarakat dan juga homestay yang ada di sana penuh dengan kehangatan. Sebelumya saya berpikir bahwa kita yang akan membangun desa termasuk desa wisata, tapi setelah visitasi di lebih dari 50 desa wisata, saya meyakini desa yang akan membangun Indonesia,” katanya.

Menparekraf juga menjelaskan, di tengah-tengah pandemi dan tantangan ekonomi yang dihadapi bangsa ini, sektor pariwisata yang paling terdampak pandemi, akan tetapi ia, melihat semangat para pengurus desa-desa wisata, baik ketua pokdarwis, kepala desa, hingga kepala daerah memiliki semangat bahwa Indonesia akan bangkit.

Acara Malam ADWI 2021 memberikan penghargaan untuk 7 (Tujuh) kategori penilaian bagi desa wisata, diantaranya CHSE, Desa Digital, Suvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay, dan Toilet. 

Dan untuk Nagari Sumpur adalah juara IV kategori Suvenir yang penyershan hadiah dilakukan oleh Ketua Bidang Promosi dan Humas Dekranas Pusat Nur Asia Uno atau yang lebih dikenal dengan Mpok Nur dan diterima langsung oleh Ketua Pokdarwis Nagari Sumpur Zuherman dan juga dihadiri oleh sejumlah selebritis Tanah Air.

Selamat untuk Desa Wisata Kampung Minang Nagari Sumpur. (SUTAN/Adv)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre