Breaking News

Maraknya Kekerasan Dan Pelecehan Terhadap Anak, Pemkab Solok Gelar Penyuluhan Hukum Terpadu

 


Cinangkiek , Figur news .com-

Dengan semakin maraknya tindakan kekerasan dan pelecehan terhadap anak di bawah umur. Pemerintah Kabupaten Solok bekerjasama dengan Universita Ekasakti (Unes) melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum terpadu, Hak Anak Terpadu dalam sistem Hukum Indonesia pada Sabtu (4/12/ 2021) di Cinangkiek Dream Park, Singkarak Solok.

Kegiatan penyuluhan hukum terpadu, Hak Anak Terpadu dalam sistem hukum Indonesia ini di hadiri dan di buka langsung oleh Bupati Solok H. Epyardi Asda, M. Mar. Turut hadir Rektor Universitas Ekasakti Dr. Otong Rosadi, SH, M. Hum dan Kepala Dinas DPPKB/P3A Zulfahmi.

Panitia pelaksana Andi Desmon, SH, MH dalam laporannya menyampaikan bahwa Penyuluhan hukum terpadu dalam sistem hukum Indonesia ini merupakan bagian dari " Tridharma " perguruan tinggi dan juga merupakan kewajiban bagi masing-masing tenaga pendidik atau dosen sebagai bentuk pengaplikasian ilmunya di tengah-tengah masyarakat.

“ Kami dari panitia, mengucapkan terima kasih banyak kepada Dinas DPPKB/P3A yang telah menfasilitasi kegiatan ini, dari awal sampai akhir,” ungkapnya.

Kemudian, Rektor Unes Dr. Otong Rosadi, SH, M. Hum, mengatakan bahwa teman-teman dosen dari Unes nantinya akan memberikan sosialisasi tentang anak, mulai dari undang-undang kesejahteraan anak, UU perlindungan anak yang telah diubah dari 23 menjadi 35 serta UU sistem peradilan pidana dan seluruh hal tentang anak.

“ Kita harapkan melalui kegiatan ini, produk holtikultura yang ada di Alahan Panjang, mari sama-sama kita memikirkan dan mencarikan solusi bagaimana caranya agar bisa mengurangi dan tidak berlebihan dalam penggunaan pestisida, demi masa depan dan kesehatan anak-anak kita di masa yang akan datang,” ujarnya.

Lebih lanjut, rektor Unes mengungkapkan bahwa kami sengaja membawa dosen muda karena dalam sosialisasi kali ini para dosen muda juga dapat belajar bagaimana cara pemberian sosialisasi kepada masyarakat pada umumnya.

Sementara itu Bupati Solok Epyardi Asda pada kesempatan itu juga mengatakan bahwa penyuluhan hukum terpadu, Hak Anak Terpadu dalam sistem hukum Indonesia ini merupakan sebuah penyuluhan yang sangat berguna, dimana peranan DPPKB dan peranan Dinas Pendidikan itu sangat di butuhkan dalam perkembangan tekhnologi saat ini.

“ Mudah-mudahan acara ini bukan hanya sekedar seminar tapi harus ada kesinambungan dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Solok dalam menjalani hidup dan kehidupan sehari-hari,” harap Bupati.

Terkait pembangunan, sebut Bupati bahwa pemerintah telah menyediakan tempat untuk para investor berinvestasi di daerah Kabupaten Solok, serta saat ini, program-program pembangunan yang ada sudah mengakomodasi pemenuhan hak anak.

“ Sebagai Bupati saya sangat mendukung acara ini dan menyambut baik atas dilaksanakan nya kegiatan penyuluhan Hukum Terpadu Hak Anak Dalam Sistem Hukum Indonesia oleh LPPM Universitas Ekasakti, mudah-mudahan melalui kegiatan ini nantinya dapat melahirkan dan memberikan pemahaman serta wawasan tentang perlindungan hukum terhadap anak dan pemenuhan hak hak anak lainnya,” tutur Bupati. (Ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre