Breaking News

Kisruh di Tugu Gempa Mulai Terkuak, Siapa Oknum Dibelakangnya. Disebut-sebut Oknum Dewan Terlibat?

 

Padang(Sumbar), Figurnews.com -
Kisruh antara pedagang kaki lima dengan pengelola parkir di tugu gempa jalan Gereja mulai terkuak satu persatu. Pelataran parkir ditugu gempa yang resmi dan ditujuk UPT Parkir adalah Roni, dan itu berdasarkan surat kontrak yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Padang. 

Disela - sela kesibukan Roni menjelaskan, "bahwa dia ditunjuk mengelola parkir di seputaran tugu gempa dan itu ada suratnya dan di tandatangai oleh Dishub Padang."



Memang akhir-akhir ini, sering terjadi perselisihan antara pedagang dengan pengelola parkir, pihak parkir merasa dirugikan, karena lahan parkir mereka dipakai oleh PKL untuk buka usaha. Menurut ketentuan, bahwa PKL boleh jualan di jalan  Khairil Anwar atau tepatnya di depan SMA Don Bosco.


Dari hasil pantauan media Figurnews.com dilapangan memang benar terjadi perseteruan masalah pengelola parkir dengan pedagang yang ingin menempati lahan parlir tersebut. Namun pihak Dinas Perhubungan melarang, karena area tersebut merupakan lahan parkir dan telah ditunjuk orang mengelolanya.

Pihak Dishub Padang telah menyurati Kasat Pol PP Padang tanggal 8 November 2021 meminta untuk menertibkan para PKL yang jualan di depan tugu gempa. Dalam surat itu, Kadishub Padang Dian Fakri menegaskan bahwa area tersebut tidak dibenarkan untuk berdagang, karena lahan tersebut merupakan lahan parkir. 

Entah apa gerangan, Ikhwan Sukri sebagai ketua PKL kuliner membuat surat pernyataan sekaitan persoalan PKL dan Pengelola Parkir ditugu gempa jalan Gereja pada tanggal 19 November 2021. Hal itu berdasarkan atau mengacu pada surat dilayangkan oleh Sat Pol PP Padang segera menemui penyidik PPNS di jalan Tan Malaka Padang. Surat tersebut bermetrai 10 ribu, dan dalam surat tersebut dijelaskan point-point sekaitan tentang pernyataan PKL, namun sangat disayangkan surat tersebut tandatangan dari Ikhwan Sukri sebagai ketua PKL kuliner malam dan juga dari pihak penyidik(PPNS) Sat Pol PP Riko Afriwan, S.Sos tapi Kabid P3D Bambang Suprianto, S.Sos tidak mendatanganinya.

Sekaitan hal itu, Figurnews.com mempertanyakan via WA pada Kasat Pol PP Padang Alfiadi tanggal 6 Desember 2021 lalu.

Redaksi : 

Ass pak Kasat, Yuamran Pimpinan Redaksi Figurnews.com. Mau konfirmasi pak, sekaitan surat dari Kadishub Padang mengenai lahan parkir yang di pakai para pedagang kaki lima di seputaran tugu gempa. Dalam hal ini, pihak Sat Pol PP sebagai penegak Perda tidak respon dan seolah-olah terjadi pembiaran. Untuk melengkapi berita, mohon penjelasannya....Wassalam,...

Dan ketika saya telpon WA bapak, koq ngak bapak respon? Ada apa atau bapak sibuk?

Kasat Pol PP :

" Waalaikumsalam...pak yuamran...mohon maaf saya lagi diluar daerah jadi tdk sempat utk lihat hp dan respon wa masuk.

Terkait dgn parkir tugu gempa dan jg termasuk PKL sblmnya beberapa kali operasi kami lakukan, sesuai dgn prinsip penataan yg direncanakan namun utk pengawasan tentu kembali ke upd masing2 misal kalau parkir kembali ke OPD pembinanya yakni dishub khan dishub yg bertanggung jawab sekaligus penerima retribusinya kami sifatnya eksekusi dan backup bila diminta oleh OPD ybs, termasuk PKL kemana mis direlokasi setelah ditertipkan tentu diawasai bersama camat dan lurahnya, sekalian semua unsur terlibat disana bapak termasuk perdagangan, DLH, UMKM, dishub, satpol, camat, lurah, termasuk jg kepolisian krn gangguan lalu lintas jg terganggu, artinya harus tim yg kerja Pak, kalau satpol siap utk backup, dan bukan pembiaran..tks "

Redaksi :

Dan ini juga, gimana ceritanya? Seolah-olah Satpol PP merestui mereka berdagang, pada hal dulu mereka berdagang wilayah/SMA Don Bosko(jalan di dalam tersebut).Sebagai penegak Perda harus ditertibkan....koq bisanya mereka(pedagang) membuat surat di tujukan k Sat Pol PP....Mohon penjelasannya..Wassalam

Kasat Pol PP :

yaa pak itu bukti kami sudah kerja, dan ppns sudah memproses dan tentu butuh pengawasan bersama yg nama nya pedagang kadang juga bandel ketika ditertipkan patuh setelah itu kembali lagi pak, ok nanti kami tindaklanjuti lagi..dan termasuk bicarakan dgn opd terkait.  "

Dalam hal ini, Figurnews.com juga konfirmasi pada Dian Fakri Kadishub kota Padang via WA, namun tidak ada jawaban hingga saat ini.


Di samping itu, ada yang beredar sekaitan tentang usulan Ilham Maulana dari salah seorang Wakil  DPRD Padang yang ikut nibrung dalam persoalan kisruh PKL Kuliner dengan Pengelola Parkir di seputaran area tugu gempa. Yang mana, Ilham mempertanyatakan tentang plang Parkir yang terpasang di depan SD s/d SMP Frater. Termasuk mempertanyakan pengelola parkir yang sah dan ada dugaan berusaha untuk mengalihkan pengelola parkir resmi serta mempertanyakan yang tidak kaitan tentang persoalan parkir tersebut. 



Sekaitan hal itu, Figurnews.com mengkonfirmasi tentang WA tersebut kepada Ilham Maulana via WhatsApp, namun belum ada jawaban hingga berita ini ditayangkan. (Tim)


 


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre