Breaking News

Kembangkan UMKM Baru, Wako Hendri Septa Sambut Baik Kampung Payet di Alai Parak Kopi

 


PADANG, Figurnews.com- Sewaktu melakukan kegiatan Berkantor di Kecamatan Padang Utara, Jumat (10/12/2021), Wali Kota Padang Hendri Septa menyempatkan diri mengunjungi Kampung Payet yang berada di Jalan Kampung Bandes, RT 04 RW 12, Kelurahan Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara.

Sebagaimana diketahui, Kampung Payet tersebut didirikan atas inisiatif para kaum ibu di daerah setempat yang dimotori sepasang keluarga yakni Nofri dan Novita yang menamai usaha bersama mereka Payet Sumbar. 

Sementara itu berbicara tentang payet ialah barang kecil yang kerap digunakan buat membuat hiasan pada busana. Pemakaian payet pada busana dipercaya bisa dijadikan tata cara buat menghasilkan kesan elegan maupun nuansa tertentu pada kain.

Kebanyakan busana yang memakai aplikasi payet merupakan kebaya serta gaun-gaun acara, dimana dewasa ini payet juga telah diaplikasikan ke berbagai wujud semacam tas, dompet, serta pula tipe pakaian yang lain misalnya kaftan serta baju tertutup.

"Alhamdulillah, keberadaan Kampung Payet atau usaha Payet Sumbar ini adalah suatu kebanggaan bagi kita di Kota Padang dalam upaya pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Semoga dapat meningkatkan perekonomian mereka dan juga berdampak positif terhadap kemajuan UMKM di Padang," ungkap Wako didampingi Camat Padang Utara Fajar Sukma dan Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan UMKM, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Rina Melati saat itu.

Juga hadir di kesempatan itu unsur Forkopimca beserta Lurah dan elemen masyarakat setempat.

Wako juga menyebutkan, keberadaan Payet Sumbar tersebut juga sejalan dengan bakal dibangunnya Gedung Youth Center di Jalan Bagindo Aziz Chan selaku pusat kreatifitas dan inovasi kepemudaan di Kota Padang. Di sana jelasnya, terdapat sebanyak 17 sub sektor ekonomi kreatif termasuk menyediakan stand fashion produk UMKM unggulan.

"Untuk produk baju payet ini bisa kita pajang nanti di Gedung Youth Center. Mudah-mudahan ini menjadi salah satu upaya kita untuk meningkatkan ekonomi UMKM warga Kota Padang. Begitu juga sekaligus mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kota Padang yaitu mewujudkan masyarakat yang madani berbasiskan pendidikan, pariwisata dan perdagangan," cetusnya.

"Insya Allah hasil UMKM kita termasuk kreasi yang dilihatkan dari kerajinan payet ini akan dipertontonkan kepada wisatawan lokal mapun mancanegara yang datang ke Gedung Youth Center nantinya. Apalagi payet ini luar biasa dengan memiliki kreasi unik menjadikan pakaian biasa seperti pakaian untuk acara pernikahan menjadi indah dan megah. Semoga ini menjadi sinyal positif untuk kebangkitan UMKM kita di Kota Padang," pungkas orang nomor satu di Kota Padang tersebut bersemangat.(Dv/Prokompim Pdg)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre