Breaking News

Kapolres Banggai Hadiri Acara Adat Mombowa Tumpe, Proses Pengantaran Telur Maleo di Batui


Banggai, Figurnews.com-Kapolres Banggai AKBP Yoga Priahutama SH, SIK, MH, menghadiri rangkaian acara adat Mombowa Tumpe di Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Kamis (3/12/2021). Mombowa Tumpe dalam bahasa Batui artinya membawa telur Maleo pertama.

Hadir dalam kegiatan itu yakni, Staf Ahli Bupati Banggai Dr. Gunawan, Asisten 2 Drs. Alfian Jibran, Staf Kejaksaan, Kadis Pariwisata, Camat Batui Haryanto K. Galib, Kapolsek Batui Iptu I Kadek Yoga Widata SH, perangkat adat Banggai Kabupaten Banggai Laut, Bosanyo Batui, Ketua Perangkat Adat dan aparat pemerintah Kecamatan Batui.

Ritual yang sudah berusia 421 tahun ini tidak lepas dari sejarah masa lalu antara masyarakat Batui dan Keraton Kerajaan Banggai di Kabupaten Banggai Laut.

Mombawa Tumpe atau pengantaran tumpe dari rumah adat Batui  menuju pelabuhan tumpe dilakukan dengan berjalan kaki. Ritual adat ini rutin digelar setiap tahun di awal Desember.

Setelah sampai di pelabuhan tumpe, kemudian telur tumpe yang dibawa, langsung dinaikkan ke atas perahu dan kemudian dibawa ke Pulau Banggai atau Kabupaten Banggai Laut dengan dikawal oleh Ketua Perangkat Adat bersama para pengawal.

Selama kegiatan ritual adat pengantaran tumpe, personil Polsek Batui bersama Koramil melakukan pengaman dan pengaturan lalu lintas sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan aman dan lancar.***

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre