Breaking News

Jalan Simpang Pitco-Sepintun Rusak Berat, Masyarakat 6 Desa Tuntut Tanggung Jawab Perusahaan

 

Teks Foto : Foto Rapat  Kesepakatan Pembahasan Permasalahan Jalan Pitco-Sepintun Wilayah Timur Kecamatan Pauh Kabupaten Sarolangun

Sarolangun, Figurnews.com- Jalan Simpang Pitco-Sepintun saat ini dalam kondisi rusak berat karena dilewati mobil perusahaan yang melebihi tonase. Menyikapi kondisi ini, masyarakat 6 (Enam) Desa di Wilayah Timur Kecamatan Pauh menuntut tanggung jawab perusahaan untuk memperbaiki jalan tersebut dan akan melakukan pengawasan dan pembatasan tonase mobil angkutan dengan cara memportal jalan dari KM 24 hingga Simpang Pitco. 

Tuntutan ini merupakan kesepakatan dalam rapat masyarakat 6 Desa bersama unsur tripika Kecamatan Pauh yang ditandatangni bersama, yaitu Kepala Desa Danau Sendang, Kepala Desa dan BPD Lubuk Napal, Kepala Desa dan BPD Lamban Sigatal, Sekdes dan BPD Taman Bandung dan Sekdes Seko Besar yang dilaksanakan di ruang kerja Camat Pauh, Jum'at 10 Desember 2021 yang dihadiri dan ditandatangni oleh Camat Pauh Jupri, SE,  Kapolsek Pauh Maskat Maulana, SH, MH, dan Gunadi atas nama Danramil Pauh. 

Dalam berita acara hasil rapat kesepakatan pembahasan permasalahan Jalan Pitco Wilayah Timur Kecamatan Pauh ini disebutkan bahwa pada dasarnya masyarakat tidak menghalangi aktifitas perusahaan yang ada, namun menuntut tanggung jawab perusahaan terhadap kerusakan jalan.  

Perusahaan yang dimaksud adalah perusahaan perkebunan sawit yang mengangkut buah sawit dengan kelebihan tonase, perusahaan kayu yang diduga ilegal dan PT. Haldeco perusahaan Batubara yang mengangkut Batubara hingga malam hari dan tak peduli pada saat hujan. 

"Untuk memasang portal di jalan, kita menunggu petunjuk dari Pemerintah melalui Dinas Perhubungan dalam rangka pembatatasan tonase angkutan," kata Camat Jupri, Senin (13/12). 

"Pemasangan portal akan dilakukan di dua titik, yaitu di Simpang KM 20 arah ke Desa Lubuk Napal dan di Simpang Pitco," tambah Camat Jupri. 

Camat Jupri juga menyebut akan memanggil perusahaan yang terkait, pada hari Kamis (16/12) dalam membicarakan tentang perbaikan jalan sesuai tuntutan masyarakat. 

Menanggapi rencana masyarakat 6 Desa Wilayah Timur Kecamatan Pauh, untuk memportal jalan Simpang Pitco-Sepintun, Bupati Cek Endra menyambut baik demi mengawasi jalan-jalan yang sudah dibangun Pemkab Sarolangun. 

"Bagus, kita pertahankan hak mereka, saya minta ada gerakan-gerakan seperti itu, untuk merawat jalan-jalan yang sudah kita bangun, masyarakat harus saling bantu mengawasi," kata Bupati Cek Endra. (AF)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre