Breaking News

Irwasda Polda Gorontalo Tekankan Implementasi Pencanangan Kota Bebas Pungli Melalui Pembangunan ZI pada Masing- masing Satker Instansi Pelayanan Publik di Provinsi Gorontalo

 


Gorontalo, Figurnews.com- Bertempat di Gedung Grand Palace Convention Centre - Kota Gorontalo telah dilaksanakan  kegiatan (Rapat Koordinasi) Rakor Akhir Tahun dan Anev UPP Saber Pungli Provinsi  dan UPP Kab/Kota se - Provinsi Gorontalo TA. 2021. Kamis (9/12/2021)

Hadir dalam tersebut :Irwasda Polda Gorontalo selaku Ketua UPP Prov. Gtlo, Inspektur Daerah Prov. Gorontalo, Aswas Kajati Gorontalo, Para Kapokja UPP Prov. Gorontalo,Sekretaris UPP Prov. Gorontalo, Para Ketua UPP Kab/Kota se Prov. Gorontalo, Para Inspektur Daerah Kab/Kota, Para Sekretaris UPP Kab/Kota dan Para anggota UPP Prov Gorontalo.

Dalam penyampaiannya  Irwasda Polda Gorontalo Kombes Pol. Yakub Dedy Karyawan,SIK menekankan tentang Implementasi Pencanangan Kota bebas Pungli melalui pembangunan Zona Integritas (ZI) pada masing-masing Kesatuan Kerja Instansi Pelayanan Publik di Provinsi Gorontalo.

“Diharapkan tahun 2022 masing-masing kesatuan kerja instansi pelayanan publik di Provinsi Gorontalo sudah melakukan pembangunan zona integritas, sebagai implementasi pencanangan kota bebas pungli , selain itu di masing-masing daerah membuat pilot project sebagai pionir penerapan bebas pungli,”kata Yakup.

Yakup juga berpesan bahwa dalam penyusunan sasaran program kegiatan UPP berfokus pada upaya minimalisir praktik pungli dan pemulihan ekonomi nasional serta mitigasi Covid19.

“Fokus kegiatan kita tahun 2022 adalah meminimalisir praktik Pungli dalam rangka mendukung 7 (tujuh) agenda pembangunan nasional dengan tema Pembangunan TA. 2022 :  Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural serta Mitigasi Covid.19, oleh karenanya silakan ini dimasukkan dalam penyusunan sasaran program kegiatan UPP TA. 2022,”Ujarnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono,SIK, menerangkan bahwa kegiatan Rakor Akhir Tahun dan Anev UPP Saber Pungli Provinsi  dan UPP Kab/Kota se - Provinsi Gorontalo TA. 2021 adalah sebagai sarana untuk mengevaluasi kinerja UPP selama kurun waktu satu tahun.

“Bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana analisa evaluasi atas kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh masing-masing UPP Saber Pungli, dimana pada tahun ini ditemukan beberapa kendala salah satunya adanya refocusing anggaran untuk penanganan covid19 yang berdampak terhadap kurang optimalnya kegiatan yang dilaksanakan, dan untuk ke depan ( 2022) tadi pak Irwasda selaku Ka UPP Propinsi telah menekankan kepada peserta Rakor agar kegiatannya difokuskan pada upaya meminimalisir praktik Pungli dalam rangka mendukung 7 (tujuh) agenda pembangunan nasional diantaranya Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural serta Mitigasi Covid.19,”kat Wahyu.

Wahyu juga mengatakan bahwa maksdu dibentuknya unit pemberantasan pungli tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota adalah untuk menghilangkan budaya pungli diberbagai bidang pelayanan publik.

“Kepada seluruh masyarakat di propinsi Gorontalo , silakan laporkan jika ada praktek-praktek pungli di kantor-kantor pemerintah dalam memberikan pelayanan. Unit Pemberantasan Pungli akan segera menindaklanjuti sesuai mekanisme yang ada,” tutup Wahyu.

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre