Breaking News

Hari HAM 2021 Lapas Talu Raih Penghargaan Pelayanan Berbasis HAM

Padang, Figurnews.com

Lagi-lagi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Talu ukir prestasi dalam rangka upaya pemenuhan HAM (Hak Asasi Manusia). Hal ini dibuktikan dengan Piagam Penghargaan yang berhasil dikantongi Lapas Kelas III Talu.

Penghargaan itu diterima dalam dalam rangka peringatan hari HAM sedunia 2021 oleh Kemenkumham RI bersama jajaran secara virtual.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: M.HH-01.HA. 03.07 Tahun 2021 tentang Penetapan Pelayanan Publik Berbasis HAM Tahun 2021, Lapas Kelas III Talu merupakan salah satu UPT (Unit Pelaksana Teknis) yang berhasil meraih penghargaan “Pelayanan Publik Berbasis HAM Tahun 2021” pada Jum'at (10/12/2021).

Penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM ini diberikan kepada seluruh UPT yang telah berhasil melakukan kegiatan pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan prinsip HAM bagi setiap warga negara dan penduduk atas pelayanan administratif yang disediakan oleh setiap instansi.

Bertempat di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat, penghargaan ini secara langsung di berikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat, R. Andika Dwi Prasetya kepada seluruh UPT yang telah lulus pengujian dan penilaian sehingga berhak mendapatkan piagam penghargaan tersebut.

Penuhi Pelayanan Publik Berbasis HAM, 26 Satker Dapat Penghargaan dari Kemenkumham di momentum hari Hak Asasi Manusia (HAM) 2021 sedunia. 

"Kami mengapresiasi 26 satuan kerja yang telah berkomitmen memberikan pelayanan publik berbasis HAM kepada masyarakat," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar, R Andika Dwi Prasetya di Padang, Jumat.

Hal itu dikatakannya usai menyerahkan  sertifikat penghargaan kepada 26 Satuan Kerja di aula Kanwil Kemenkumham Sumbar.

Ia merinci 26 satuan kerja itu adalah Lapas Kelas IIA Padang, Lapas Kelas IIB Pariaman, Lapas Kelas II B Solok, Lapas Kelas IIB Lubuk Basung, Lapas Kelas IIB Muara Sijunjung, Lapas Kelas II B Payakumbuh, Lapas Perempuan Kelas IIB Padang, Lapas Terbuka Kelas IIB Pasaman, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Tanjung Pati.

Kemudian Lapas Kelas III Talu, Lapas Kelas III Suliki, Lapas Kelas III Alahan Panjang, Lapas Kelas III Dharmasraya, Lapas Narkotika Kelas III Sawahlunto, Rutan Kelas IIB Padang Panjang, Rutan Kelas IIB Maninjau, Rutan IIB Painan, Rutan Kelas IIB Padang, Rutan Kelas IIB Batusangkar, Rutan Kelas IIB Lubuk Sikaping.

Lalu Rutan Kelas IIB Sawahlunto, Rutan IIB Muara Labuh, Balai Pemasyarakatan Kelas I Padang, Balai Pemasyarakatan Kelas II Bukittinggi, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam.

Bagi satuan kerja yang menerima penghargaan, Andika berpesan agar mempertahankan serta meningkatkan kualitas pelayanan, sementara yang belum diminta memacu kinerjanya.

Ia mengatakan Kemenkumham sebagai instansi yang memberikan pelayanan dibidang HAM harus terus berjuang untuk memajukan HAM di Indonesia, khususnya Sumatera Barat.

"Pastikan kelompok rentan tetap mendapatkan akses pelayanan publik yang khusus sesuai kebutuhannya, baik itu lanjut usia, disabilitas, wanita hamil, dan lainnya," katanya.

Dalam peringatan Hari HAM Sedunia kali ini tema yang diangkat adalah "Equality Reducing Inequalities, Advancing Human Right".

Kepala Lapas Kelas III Talu, Donni Isa Dermawan mengungkapkan rasa bangganya. "Apresiasi yang sangat besar kami sampai kan atas keberhasilan Lapas Talu kembali menerima penghargaan sebagai UPT yang telah melaksanakan pelayanan publik berbasis HAM yang kesekian kalinya. 

"Dengan adanya pemberian penghargaan ini, akan memicu semangat kami untuk melaksanakan dan terus melakukan penyempurnaan terhadap setiap kegiatan layanan yang ada di Lapas Talu mengakomodir pemenuhan HAM bagi masyarakat terkhusus bagi semua warga binaan yang ada di dalam lapas" terang Kalapas Donni Isa Dermawan usai menerima piagam penghargaan

(Dodi Ifanda) Sumber: Humas Lapas Talu

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre