Breaking News

Groundbreaking KIPI Kaltara, Awal Baru Perjalanan Panjang Industri Hijau Indonesia


Tana Kuning Tanjung Selor - Figurnews.com - Melanjutkan aksinya dalam kunjungan kedua di Kalimantan Utara (Kaltara) pada 10 bulan pertama masa kepemimpinan Gubernur Zainal A. Paliwang dan Wakil Gubernur Yansen TP, Presiden Joko Widodo menginjakan kaki di Kabupaten Bulungan dalam acara Groundbreaking Kawasan Industri Hijau Indonesia.

Orang nomor satu di Indonesia ini melakukan kunjungannya dengan didampingi oleh Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) yang sebelumnya juga telah melakukan peninjauan bersama Gubernur Zainal dan Bupati Bulungan, Syarwani beberapa waktu lalu.

“Kesadaran dunia internasional terhadap ekonomi hijau saat ini semakin tinggi, sehingga ini dapat berpengaruh pada perekonomian Indonesia di masa mendatang. Permintaan atas produk hijau yang semakin meningkat di pasar nasional maupun global,” ujar Garibaldi Thohir saat mengawali sambutan pada kegiatan di Tana Kuning, Selasa (21/12).

Selain itu, Menko Marves mengaku bahwa pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) di Kaltara bukan suatu hal yang mudah. Ini dilihat dari perencanaan pembagunan kawasan industri sejak tahun 2015 lalu dan hingga tahun 2018 tidak terlihat perkembangan yang signifikan.

“Hanya ada perpanjang izin saja dari tahun ke tahun, setelah kami pelajari permasalahan yang dihadapi adalah permasalahan antara telur dan ayam. Investor industri yang mau masuk ke wilayah ini bersedia berinvestasi kalau PLTA sudah dibangun, sementara di sisi lain investor dari PLTA hanya mau membangun jika sudah ada kepastian optiker pembeli listrinya. Jadi ini terus berputar-putar, akhirnya pembangunan tidak maju-maju,” ungkapnya.

Menurutnya, pembangunan KIPI membutuhkan tekad keberanian yang diimbangi dengan kemampuan eksekusi serta kekuatan finansial yang besar agar dapat merealisasikan PLTA dan kawasan industri yang mendapatkan dukungan langsung dari Presiden Jokowi.

“Pada tahun 2019 kami mulai melakukan penjajakan serius terhadap pengembangan kawasan ini, atas perintah dari Bapak Presiden kami melakukan roadshow ke Amerika Serikat, Eropa, Uni Emirat Arab, dan Tiongkok untuk dapat menawarkan potensi investasi di wilayah Kaltara ini,” ujar pria kelahiran Sumatera Utara tersebut.

Konsep kawasan indutri hijau ini akan menjadi kawasan indutri hijau terbesar di dunia dan dibangun dengan konsep ramah lingkungan serta memiliki keunggulan geostrategi untuk menampung kegiatan industri, ekspor, impor, dan kegiatan ekonomi lainnya yang memiliki nilai tinggi dan daya saing internasional.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa sekarang Indonesia akan masuk pada hilirisasi pada industrialisasi bahan-bahan mentah, ia menegaskan bahwa ke depannya sebagian besar ekspor dari Kaltara akan berbentuk bahan setengah jadi.

“Semua akan muncul dari Kaltara, selain itu ini akan menjadi kerja sama besar antara investor Indonesia dengan investor Tiongkok, Uni Emirat Arab, dan sebagainya. Semua akan bergabung, kita harapkan ini mejadi industri hijau terbesar di dunia,” ujarnya mengungat luas wilayah industri yang sudah mencapai 16.412 hektare dari target 30.000 hektare tersebut.

Sebagai penutup, dilakukan penandatanganan Dokumen Pembangunan Kawasan Industri Hijau Indonesia oleh Gubernur Kaltara dan Bupati Bulungan, penantanganan Letter of Intent oleh 10 perwakilan dari perusahaan investor, dan penekanan tombol sirine oleh Presiden Jokowi sebagai tanda groundbreaking Kawasan Industri Hijau Indonesia.

Gubernur Zainal saat diwawancarai. “Semua ini dapat terlaksana karena dukungan Bapak Presiden dan Menteri ATR-BPN, hingga hari ini akhirnya dapat terealisasikan. InsyaAllah tahun depan dibuat lagi sertifikat yang sama bagi pemilik tambak yang belum memiliki sertifikat. Jadi diharapkan masyarakat yang lahan tambaknya belum tersertifikasi agar dapat segera mendaftarkan di badan pertahanan setiap kabupaten/kota,” pungkasnya.(*****)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre